Minggu, 24 Maret 2013

Renungan Harian: Senin, 25 Maret 2013

Renungan Harian: Senin, 25 Maret  2013 - Pekan Suci

Yes 42:1-7; Yoh 12: 1-11 – HR Kabar Sukacita

 

Yesus Dalam Perjamuan

 

Perjamuan atau makan bersama adalah suatu ciri khas dalam pesta. Di sana kegembiraan ditunjukkan. Kata-kata syukur dan hadiah-hadiah sangat lazim ditampakkan untuk melengkapi kegembiraan pesta.

                Dalam Pekan Suci ini, Yesus ditampilkan hadir dalam perjamuan-perjamuan menjelang pesta Paska Yahudi. Perjamuan pertama yang dihadiri oleh Yesus diceritakan dalam Injil hari ini. Ia dijamu oleh Marta dan saudara-saudarinya di rumah mereka di Betania. Perjamuan itu disempurnakan oleh pemberian hadiah dari Maria saat mana ia meminyaki kaki Yesus dengan minyak narwastu yang mahal. Atas tindakan Maria tersebut, Yesus menyatakan kepada Yudas Iskariot peristiwa yang segera akan dijalani Yesus dengan kata-kata: "Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku".  Menurut tradisi Yahudi, pengolesan dengan minyak dibuat sebelum orang dimasukkan ke dalam kubur.

                Yesus sudah tahu apa yang akan terjadi pada diri-Nya. Dan, Ia harus menjalaninya untuk menggenapi kehendak Allah seperti juga sudah diwartakan oleh Yesaya. Roh Tuhan yang ada pada Yesus menugaskan Yesus untuk karya penyelamatan.

                Semoga kita juga menyediakan tempat di hati dan dalam hidup kita suatu tempat perjamuan dengan Yesus sendiri. Perbuatan baik dan iman kita kiranya menjadi hadiah yang harum bagi kemuliaan-Nya (CLG).

 

Pelita Hati: Perbuatan baik dan iman kita kiranya menjadi hadiah yang harum bagi kemuliaan-Nya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar