Minggu, 24 Maret 2013

Renungan Harian: Selasa, 26 Maret 2013

Renungan Harian: Selasa, 26 Maret 2013

Yes 49: 1-6; Yoh 13:21-33.36-38

Memberikan Nyawa

 

Injil hari ini masih menceritakan saat Yesus dalam perjamuan yang berbeda yakni perjamuan istimewa bersama dengan murid-murid-Nya. Perjamuan itu diisi dengan penegasan akan kemuliaan yang akan diterima oleh Yesus melalui ketaatan-Nya untuk menjalankan perintah dan kehendak Allah. Ketaatan dan pemuliaan itu akan terwujud dalam peristiwa salib dan bangkit.

Ada dua dialog yang istimewa dalam peristiwa perjamuan itu, yakni dialog dengan Yudas Iskariot dan dengan Simon Petrus. Kepada Yudas, Yesus memberi perintah agar ia melakukan rencana pengkhianatannya segera.  Demikian akhirnya Yudas menyerahkan Yesus kepada orang Yahudi. Sementara kepada Petrus, Yesus menyatakan kemuliaan yang akan segera Ia tuju. Petrus pun hendak menikmati kemuliaan itu entah dengan cara memberikan nyawanya.

Yesus memberikan nyawa-Nya untuk menggenapi karya penyelamatan dari Allah sendiri. Hal itu pun sudah diungkapkan dalam pewartaan Yesaya: orang yang dipilih Tuhan sejak kandungan akan dipermuliakan di mata Tuhan. Melalui sabda Tuhan ini kita pun ditantang untuk melihat dan mengerti panggilan kita masing-masing. Meniru dan mengikuti Yesus menyerahkan nyawa adalah panggilan kita bersama yang dapat kita tunjukkan melalui pelayanan dan pengorbanan. Setiap hari kita dihadapkan dengan panggilan itu entah di tengah keluarga, di tempat kerja, atau di hadapan sesama kita (CLG).

 

Pelita Hati: Meniru dan mengikuti Yesus menyerahkan nyawa adalah panggilan kita bersama yang dapat kita   tunjukkan melalui pelayanan dan pengorbanan. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar