Minggu, 17 Maret 2013

Renungan Harian: Selasa, 19 Maret 2013

Renungan Harian: Selasa, 19 Maret 2013

2 Sam 7:4-5a.12-14.16; Rm 4:13.16-18.22; Mat 1:16.18-21.24a – HR Santo Yosef Suami Maria

 

Hati yang Tulus

 

Hari ini gereja kita merayakan Santo Yosef. Gereja mengenang dan merayakan kembali jasa-jasa St. Yosef dalam karya keselamatan, khususnya kerelaannya menemani dan mempersiapkan karya Yesus di dunia ini. Walaupun kisah hidup dan perbuatan besar St. Yosef tidak banyak terekam dalam Kitab Suci, tetapi gereja sangat yakin bahwa amatlah besar peranannya dalam karya keselamatan yang dibawa Yesus sendiri. Secara khusus, Paus Pius IX  menjadikan St. Yosef sebagai Pelindung Gereja Universal.

Kitab Suci melukiskan satu sifat utama St. Yosef, yaitu tulus hati. Kiranya sifat itulah yang dikehendaki Tuhan dari orang-orang pilihan-Nya. Allah memilih Abraham menjadi bapa orang beriman dan menjadi bapa banyak bangsa karena memiliki hati yang tulus. Allah memilih St. Yosef menjadi bapa bagi Yesus di dunia ini juga karena hatinya yang tulus.

Sifat tulus hati St. Yosef ini kiranya menjadi tiruan bagi kita semua. Ketulusan hati ini tentulah buah dari iman yang sungguh dalam. Semoga karena iman yang kita miliki, kita pun bisa dengan tulus hati menerima rencana Tuhan dalam diri kita masing-masing (CLG).

Pelita Hati: Ketulusan hati merupakan buah dari iman yang sungguh dalam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar