Rabu, 20 Maret 2013

Renungan Harian: Sabtu, 23 Maret 2013

Renungan Harian: Sabtu, 23 Maret 2013

Yeh 37:21-28; Yoh 11:45-56

"Yesus akan Mati untuk Seluruh Bangsa"

 

Perjuangan dan karya-karya Yesus semakin mengalami penolakan dari pemimpin-pemimpin Yahudi. Mereka menolak Yesus karena ketakutan bahwa pengaruh Yesus semakin besar. Mereka membuat kesimpulan bahwa Yesus harus disingkirkan setelah mendengar kata-kata Kayafas: "… lebih berguna bagimu jika satu orang mati untuk bangsa kita daripada seluruh bangsa kita binasa". Dengan pernyataan ini, Yesus tampak akan dijadikan sebagai tumbal dan akan dibunuh demi maksud yang seolah-olah baik.

                Kata-kata Kayafas tadi ternyata suatu nubuat yang benar-benar terjadi dalam hidup Yesus. Kematian Yesus bukan hanya sebagai tumbal tetapi menggambarkan rencana penyelamatan dari Allah. Yesus mati bukan hanya untuk satu bangsa tetapi untuk seluruh bangsa. Dan, kematian-Nya membawa keselamatan kepada semua bangsa. Dengan kematian itu Yesus mengumpulkan dan mempersatukan semua anak-anak Allah yang tercerai-berai. Hal itu sejajar dengan nubuat Yehezkiel dalam bacaan I yang menyebut: "Aku akan mengumpul-kan mereka dari segala penjuru dan akan membawa mereka ke tanah mereka".

                 Kematian Yesus itu pun menjadi penuh makna bagi kita semua yang percaya. Dengan kematian Yesus membawa kehidupan baru. Maka, marilah memaknai hidup kita dalam kesatuan dengan hidup dan perjuangan Yesus (CLG).

 Pelita Hati: "Aku akan mengumpulkan mereka dari segala penjuru dan akan membawa mereka ke tanah mereka".

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar