Minggu, 03 Maret 2013

Renungan Harian: Rabu, 06 Maret 2013

Renungan Harian: Rabu, 06 Maret 2013

Ul 4:1.5-9; Mat 5:17-19

Tindakan Nyata, Bukan hanya Kata

 

Suatu hari seorang kakek bertanya pada cucunya kelas 3 sekolah dasar," Cucuku, berapakah tiga kali tujuh?" Setelah berpikir sejenak, si cucu menjawab dengan semangat," Duapuluh satu, Kek!". "Bagus. Nah, kalau tujuh kali tiga?" si kakek kembali bertanya. Si cucu pun tanpa ragu menjawab, "Maaf, Kek! Perkalian tujuh belum kami pelajari!"

Pemahaman cucu itu pada perkalian hanyalah atas hapalan saja, bukan pemahaman dan konsep yang jelas. Hari ini, Yesus dalam tulisan Penginjil Matius mengingatkan kita untuk mengerti peraturan hidup yang ada bukan hanya atas teori dan ingatan saja, tetapi perlu ditanamkan dalam hati dan akhirnya dapat dipraktikkan dalam keseharian. Tidak cukup hanya dengan mengetahuinya, lalu banyak berbicara tanpa ada perbuatan nyata. Menarik apa yang diungkapkan peribahasa Latin ini, Verba movent, exempla trahunt. Kata-kata menggerakkan semangat, teladan menarik (orang untuk berbuat). Kita harus berbuat baik, agar orang lain turut meneladani perbuatan baik kita. Itulah yang dilakukan oleh Yesus dan itu pula yang diharapkan dari diri kita.

Lalu, tindakan apa yang dapat kita perbuat? Ini tidak melulu tentang perbuatan besar nan heroik. Kebaikan-kebaikan besar berangkat dari hal-hal kecil, kata si bijak. Lihat sekelilingmu, siapa di sana? Perbuatan baik apa yang dapat dibuat untuk anak, istri, suami, saudara, dan sahabat kenalan kita? Mulai dari yang sederhana, itulah kebaikan besar itu (HS).

 

Pelita Hati: Kita harus berbuat baik, agar orang lain turut meneladani perbuatan baik kita 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar