Rabu, 20 Maret 2013

Renungan Harian: Minggu, 24 Maret 2013

Renungan Harian: Minggu,  24 Maret  2013 – Minggu Palma: Mengenangkan Sengsara Tuhan

Luk 19:28-40 –di luar gereja- Yes 50:4-7; Flp 2:6-11; Luk 22:14 – 23:56

 

Kisah Keagungan dan Penderitaan Yesus

 

Pada hari Minggu ini kita merayakan dua tema yang berbeda dari hidup Yesus, yakni keagungan dan kemuliaan serta penderitaan Yesus sendiri. Tema pertama ditampilkan dengan mengenang perjalanan Yesus yang begitu meriah memasuki Yerusalem. Sorak-sorak dan nyanyian-nyanyian sahut-menyahut mengelu-elukan Sang Raja.

                Tema kedua, penderitaan, ditampilkan melalui tiga bacaan yang dibacakan di dalam gereja. Yesaya menceritakan penderitaan yang dia alami sebagai nabi. Ia harus menghadapi orang-orang yang memukul, menodai, dan meludahinya. Penderitaan itu dia tanggung terus karena Tuhan Allah selalu menolongnya.

Yesus, Anak Allah, mengalami penderitaan yang sangat tragis. Atas segala karya perutusan-Nya, Dia harus mati di salib. Segala ketakutan dan penolakan pemimpin-pemimpin agama Yahudi membuat Yesus mati di salib. Selanjutnya, justru dari peristiwa salib itu Yesus menunjukkan kemuliaan-Nya di hadapan segala bangsa. Oleh karena itu, Paulus (dalam bacaan II) mewartakan maksud kematian Yesus di salib, yaitu supaya dalam nama Yesus bertekuk-lututlah segala yang ada di langit, di atas bumi, dan di bawah bumi.

  Dua tema kehidupan Yesus itu kita alami juga dalam kehidupan kita. Marilah kita juga menjalaninya dengan cahaya hidup Yesus sendiri. Dan, semoga kita tidak menambah sengsara Yesus melalui cara hidup kita masing-masing (CLG).

 Pelita Hati: Semoga kita tidak menambah sengsara Yesus melalui cara hidup kita masing-masing

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar