Selasa, 12 Maret 2013

Renungan Harian: Minggu, 17 Maret 2013

Renungan Harian: Minggu, 17 Maret 2013

Yes 43: 16-21; Fil 3: 8-14; Yoh 8: 1-11 – Prapaskah V

 

Koreksi Diri Sendiri

  "Medice cura te ipsum", kata pepatah Latin yang artinya: "Hai tabib, rawatlah dirimu sendiri". Pepatah ini tampak sebagai teguran keras yang mengajak setiap orang untuk pertama-tama mengoreksi, menasihati, dan menjaga diri sendiri dari segala kekurangan, baru sesudahnya mengoreksi dan menasihati orang lain. Kata lain untuk merumuskan maksud pepatah ini adalah pentingnya refleksi diri sendiri.

Anjuran untuk mengoreksi atau refleksi diri ini dengan jelas dikatakan oleh Yesus dalam Injil hari ini. Yesus dengan tegas menegur dan menyadarkan ahli-ahli Taurat akan sikap mereka yang mau menghakimi seorang perempuan yang kedapatan berzinah. Yesus menanggapi pertanyaan mereka dengan berkata: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu". Kata-kata ini merupakan tamparan keras bagi para ahli-ahli Taurat, sehingga mereka pergi satu per satu karena menyadari mereka pun orang berdosa.

Kita pun sering seperti ahli-ahli Taurat dengan pertama-tama melihat dosa-dosa orang lain dan menganggap diri kita paling benar. Kata-kata Yesus tersebut kiranya pertama-tama kita renungkan agar kita dapat mengoreksi diri sendiri lebih dahulu. Marilah menyadari dosa-dosa dan kesalahan kita dengan pertobatan yang dikehendaki oleh Tuhan sendiri. Itulah jalan yang diinginkan Tuhan untuk kita lalui bersama (CLG).

 Pelita Hati: Marilah menyadari dosa-dosa dan kesalahan kita dengan pertobatan yang dikehendaki oleh Tuhan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar