Selasa, 05 Maret 2013

Renungan Harian: Minggu, 10 Maret 2013

Renungan Harian: Minggu, 10 Maret 2013

Yos 5:9a.10-12; 2 Kor 5:17-21; Luk 15:1-3.11-32 – Prapaskah IV

 

Merasakan Belas kasih Tuhan

 

Pengakuan akan belas kasih Tuhan sering kali sangat didasari oleh pengalaman hidup manusia. Orang yang mengalami banyak kesusahan biasanya melihat Tuhan itu jauh dan tidak menolong; sementara orang yang hidup bahagia akan melihat dan merasakan Tuhan itu dekat, penuh perhatian, dan berbelas kasih.

Sabda Tuhan pada hari ini mengetengahkan betapa Tuhan itu sungguh berbelas kasih dan mencintai umat-Nya. Bacaan I menceritakan bagaimana Tuhan memelihara umat-Nya untuk tetap dapat hidup dan bahagia. Tuhan menuntun umat-Nya menuju tanah terjanji dan memberi mereka makan manna di padang gurun dan kemudian menyuapi mereka dengan hasil bumi di tanah Kanaan. Demikian Tuhan menunjukkan belas kasih-Nya serta menghapuskan dan membebaskan umat-Nya dari segala cela dan derita di Mesir.

Dalam Injil, kisah belas kasih Tuhan itu ditampilkan dengan sangat istimewa. Yesus menunjukkan belas kasih Allah itu dengan perumpamaan yang mudah kita pahami, yakni kisah tentang anak sulung dan anak bungsu. Yesus menggambarkan belas kasih Allah itu dalam diri seorang bapa yang baik hati yang mencintai kedua anaknya dengan sungguh-sungguh, entah bagaimana pun cara hidupnya.

Sabda Tuhan ini mengajak kita untuk menata kembali pandangan dan relasi kita kepada Tuhan sendiri. Untuk itu, kita pun ditantang untuk merefleksikan hidup rohani kita agar kita pada akhirnya dapat menjadi ciptaan baru sebagaimana dinasihatkan oleh Paulus dalam bacaan II. Jalan menuju ke sana adalah bertobat, berdamai kembali dengan Tuhan (CLG).

    

Pelita Hati: Tuhan itu sungguh berbelas kasih dan mencintai umat-Nya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar