Minggu, 24 Maret 2013

Renungan Harian: Kamis, 28 Maret 2013

Renungan Harian: Kamis, 28 Maret 2013

Kel 12:1-8.11-14; 1 Kor 11:23-26; Yoh 13:1-15 – Kamis Putih

 

Melakukan Perbuatan Tuhan

 

Beberapa kisah perjamuan yang dikisahkan pada Pekan Suci ini berpuncak pada perayaan hari ini. Puncak itu ditampakkan secara khusus dalam perayaan liturgi hari ini, yakni perayaan untuk mengenang perjamuan Tuhan. Gereja secara khusus mengenang perjamuan malam terakhir yang diselenggarakan Yesus untuk murid-murid-Nya.

                Dalam perjamuan perpisahan itu Yesus mengajak murid-murid-Nya untuk meniru dan melakukan perbuatan-perbuatan Yesus. Ajakan itu tampak dalam kisah Injil hari ini ketika Yesus membasuh kaki para murid-Nya. Perintah Yesus di sini mau menekankan agar para murid pun harus saling menghormati, saling mencintai, saling melayani, dan saling merendahkan hati satu sama lain. Perintah yang sama juga dikatakan Yesus (dalam bacaan II) ketika mereka sedang melakukan perjamuan bersama dengan berkata: "Perbuatlah ini untuk mengenangkan Daku". Dengan ini, Yesus mengajak murid-murid-Nya hidup dalam kesatuan imamat rajawi Yesus sehingga mereka melakukan seluruh hidup Yesus lewat perkataan dan perbuatan. Selain itu, Yesus mau meneguhkan Sakramen Ekaristi yang akan dirayakan murid-murid-Nya dari dahulu sampai Ia datang kembali.

                Perintah untuk melakukan perbuatan-perbuatan Yesus ini disampaikan juga kepada kita sekarang. Kiranya semangat kita untuk saling berbagi kasih semakin berkobar; semangat kita untuk merayakan Ekaristi semakin sempurna dan penuh hormat; serta semangat kita untuk hidup dalam imamat umum dan imamat khusus yang kita terima dari Tuhan sendiri semakin kita hidupi setiap waktu (CLG).

 

Pelita Hati: Kiranya semangat kita untuk saling berbagi kasih semakin berkobar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar