Rabu, 20 Maret 2013

Renungan Harian: Kamis, 21 Maret 2013

Renungan Harian: Kamis, 21 Maret 2013

Kej 17:3-9; Yoh 8:51-59

Abraham dan Yesus

 

Bacaan-bacaan pada hari ini menampilkan dua tokoh besar dalam Kitab Suci untuk mengajari kita akan iman yang benar kepada Allah. Orang yang percaya akan melihat kesinambungan karya antara Abraham dan Yesus. Tetapi, orang yang tidak percaya terhadapnya akan menentangnya.

Orang Yahudi mengakui Abraham sebagai bapa mereka yang dipilih oleh Allah untuk mendasari perjanjian antara Allah dengan umat-Nya. Mereka pun mengakui hadiah dari Allah kepada Abraham berupa keturunan, tanah, dan berkat. Karena itu, orang Yahudi bangga karena mereka adalah keturunan Abraham. Sayang, kebanggaan ini tidak dipelihara melalui iman yang benar akan Allah dan akan isi Kitab Suci sendiri.

Yesus datang mengajari orang Yahudi untuk kembali kepada iman yang benar itu melalui Firman yang baru. Pengajaran itu mengakibatkan diskusi besar dan perdebatan karena orang Yahudi sudah sulit menerima ajaran baru apalagi karena Yesus menyebut bahwa Dia sudah melihat Abraham sebelum Abraham ada. Orang Yahudi menolak walaupun Yesus mengatakan kebenaran.

Dari pengajaran ini kita diajak untuk mengakui pribadi Yesus yang sudah ada dari semula dalam kesatuan dengan Allah. Hadiah dan berkat akan iman ini adalah bahwa Yesus akan melepaskan kita dari maut sampai selama-lamanya (CLG).

 

Pelita Hati: Hadiah dan berkat akan iman adalah bahwa Yesus akan melepaskan kita dari maut sampai selama-lamanya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar