Minggu, 03 Maret 2013

Renungan Harian: Kamis, 07 Maret 2013

Renungan Harian: Kamis, 07 Maret 2013

Yer 7:23-28; Luk 11:14-23 – Pw. St. Perpetua dan Felisitas, Martir

 

Lepas dari Belenggu

 

Kita patut bersyukur atas anugerah Allah dalam bentuk hati yang bisa merasa gembira, sedih, gelisah, bahagia, dan tenang. Dari perasaan-perasaan ini, pernahkah kita mengalami bahwa perasaan tertentu menguasai diri kita? Pernahkah amarah, benci, cemburu, atau dendam yang hebat meraja di hati kita?

Injil hari ini berkisah tentang pengusiran setan yang dilakukan oleh Yesus. Dengan tegas Yesus mengatakan bahwa Ia mengusir setan tidak dengan kuasa Beelzebul. Dalam konteks sekarang, marilah kita coba mengerti 'setan' lepas dari bayang-bayang sosok mengerikan, penampilan horor dan suasana mencekam. Setan dapat kita mengerti bila suatu saat perasaan negatif bergejolak di hati kita hingga kita tidak lagi mampu menguasai diri. Saat itulah setan meraja di hati. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Yesus sendirilah jawabannya. Kepada Yesuslah kita mengadu atas segala perkara berat yang mempersulit hidup kita.

Saat 'setan menguasai' kita, harus selalu kita awaskan agar jangan sampai kita mencari jawaban selain Dia. Berbagai macam pelarian buruk perlu dihindari. Yesus sendiri pun telah berkata," Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku!" (HS)

 

Pelita Hati: "Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku!"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar