Minggu, 24 Maret 2013

Renungan Harian: Jumat, 29 Maret 2013

Renungan Harian: Jumat, 29 Maret 2013

Yes 52:13 – 53:12; Ibr 4:14-16. 5:7-9; Yoh 18:1 – 19:42 – Jumat Agung 

"Selesailah Sudah"

 

Ketika kita menyelesaikan suatu tugas, program, atau proyek tentu kita akan senang dan dengan gembira mengatakan: "Wow… sudah selesai". Ekspresi kegembiraan itu bisa lebih hebat lagi bila pekerjaan yang kita selesaikan itu amat rumit dan melelahkan.

                Kata-kata "Selesailah sudah" menjadi kata-kata terakhir Yesus ketika hidup-Nya di dunia. Itu diungkapkan pada saat Ia ditinggikan di atas salib. Apakah kata-kata tersebut mau mengekspresikan kegembiraan Yesus atas tugas yang sudah diselesaikan-Nya di bumi ini? Boleh jadi pandangan manusiawi kita menjawabnya: tidak.  Akan tetapi, itulah nyatanya. Yesus mengatakan kata-kata itu dari ketinggian untuk menyatakan kesempurnaan karya-Nya di dunia ini. Dia sudah melakukan segalanya hingga peristiwa salib yang menjadi perwujudan ketaatan dan cinta-Nya yang paling sempurna sebagaimana disebut dalam bacaan II hari ini. Lewat peristiwa salib itu Yesus mencapai kemuliaan-Nya. Itu mengingatkan kita pada kata-kata Allah melalui Yesaya: "Sesungguhnya, hamba-Ku akan berhasil".

                Yesus sudah menyelesaikan pekerjaan-Nya. Akan tetapi, karya-Nya masih berlanjut terus di dalam kehidupan kita lewat diri kita masing-masing. Kita ditantang untuk menjalani hidup kita dengan cahaya hidup Yesus sendiri. Semoga kita pun dapat menyelesaikan perjuangan hidup kita dengan gembira dan bangga menyerukan kata-kata terakhir Yesus itu (CLG).

 

Pelita Hati: Kita ditantang untuk menjalani hidup kita dengan cahaya hidup Yesus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar