Selasa, 12 Maret 2013

Renungan Harian: Jumat, 15 Maret 2013

Renungan Harian: Jumat, 15 Maret 2013

Keb 2: 1a.12-22; Yoh 7: 1-2.10.25-30

 

Keberanian Sang Utusan

 

"Berani karena benar, takut karena salah", demikian ungkapan pepatah yang sering kita dengar. Pepatah ini pun kiranya kerap kita alami sendiri. Ketika yakin dan benar kita akan berani untuk bertindak; sementara ketika salah, kita akan takut untuk melangkah maju. Akan tetapi, kebiasaan umum ini tidak otomatis berjalan demikian. Situasi nyata akan sangat mempengaruhi apakah kita akan tetap berani walaupun dalam situasi benar.

Bacaan I hari ini mengisahkan adanya niat jahat dari pihak tertentu untuk menjerumuskan orang-orang yang hidup dalam kebenaran dan kehendak Allah. Niat-niat negatif seperti ini juga terkadang kita hadapi sehingga iman kita tidak berkembang. Di pihak lain, boleh jadi kita sendiri pun memiliki niat negatif yang mengakibatkan orang lain tidak berkembang dalam iman dan dalam perbuatan baik.

Yesus, dalam Injil, menunjukkan sikap utusan sejati. Dia tidak pernah takut menghadapi segala rintangan. Kebenaran yang dimiliki-Nya membuat Dia selalu tampil berani di setiap waktu dan di setiap tempat, bahkan pada saat ancaman maut sudah dekat. Yesus tetap berani menampilkan dan mewartakan bahwa Dia adalah utusan dari Allah Bapa. Apakah kita juga berani memberi kesaksian dan berani menjadi utusan yang dapat diandalkan? (CLG) 

 

Pelita Hati: "Berani karena benar, takut karena salah"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar