Rabu, 20 Februari 2013

Renungan Harian: Senin, 25 Februari 2013

Renungan Harian: Senin, 25 Februari 2013

Dan 9:4b-10; Luk 6:36-38

Memilih untuk Berbuat Baik

 

'Yang tidak menghakimi tidak akan dihakimi, yang tidak menghukum tidak akan dihukum dan yang mengampuni akan diampuni' (bdk. Luk 6:37), kalimat indah ini dilontarkan oleh Yesus sebagai bagian dari khotbah-Nya di bukit. Isinya jelas, gampang dimengerti. Pelaksanaan, itulah yang terpenting.

Siapa yang menabur, dia juga yang menuai. Kiranya ungkapan biblis ini dapat membantu kita untuk memahami pesan Injil hari ini. Kesadaran bahwa apa yang kita perbuat pada orang lain akan terjadi pada diri kita akan membuat kita menjadi lebih arif dalam berbuat sesuatu kepada orang lain. Dengan kesadaran ini juga, kita akan lebih berpikiran terbuka pada apa yang kita alami atas perlakuan orang lain. Andaikata ada perlakuan buruk yang kita dapat dari orang lain, tanggapan terbaik kita bukanlah malah mengumpati dan membiarkan amarah menguasai hati, melainkan mencoba melihat diri lebih dalam; adakah aku telah berbuat buruk kepada sesamaku. Pemahaman yang benar akan kalimat indah di atas akan menghantar kita pada pembenahan diri, perubahan sikap menuju kebaikan.

Pilihan, apakah kita ingin berbuat baik atau buruk pada orang lain itu ada di tangan kita. Maka, apa yang kelak kita tuai – perbuatan balasan dari orang lain – dapat ditentukan mulai dari sekarang. Kiranya Tuhan membantu kita untuk selalu memilih berbuat baik pada sesama. Semoga (HS).

 

Pelita Hati: Siapa yang menabur, dia juga yang menuai

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar