Kamis, 07 Februari 2013

Renungan harian: Senin, 11 Februari 2013

Renungan harian: Senin, 11 Februari 2013

Kej : 1 : 1-19; Mrk : 6 : 53-56 -  Hari orang sakit sedunia                  

 

Sungguh Besar Karya Allah

            Liturgi Sabda dalam dua hari ini, sebelum memasuki masa persiapan Paska, mengajak kita untuk mengagumi keindahan ciptaan sebagaimana telah keluar dari tangan Sang Pencipta, sebelum dirusak manusia pertama. Sungguh elok karya agung Allah menciptakan dan mengatur semuanya. Kekaguman ini semakin menyentuh manusia modern karena ilmu dan teknologi telah memperluas pengetahuan, misalnya manusia meneliti bentuk-bentuk bintang, jarak mereka dan jutaan planet serta kekayaan alam yang tak terbatas sekaligus melampaui jangkauan manusia sendiri.

                Dalam kutipan Injil terdapat wajah yang berbeda: "mereka mengusung orang-orang sakit... ke mana pun Yesus pergi... orang meletakkan orang-orang sakit dan ... semua yang menjamah-Nya menjadi sembuh". Betapa besar pengaruh dan kasih Yesus! Yesus ingin meneruskan karya penyembuhan-Nya. Yesus ingin kita menjadi alat-Nya untuk memberikan kesembuhan kepada sesama melalui kasih sayang-Nya. Melalui kasih sayang ini kita hendaknya menyebarkan kekuatan ini kepada sesama di sekitar kita. Bersediakah dan mampukah kita?

                Beato Yohanes Paulus ke-2, sejak tahun 1993 menetapkan hari ini,  11 Februari,  sebagai hari orang sakit sedunia. Jadi, tidak heran jika di Lourdes tempat penampakan Bunda Maria, setiap tahun jutaan manusia berziarah sambil mengarahkan orang sakit ke gua penampakan itu setelah diberkati dengan Ekaristi Kudus. Di kota kecil ini setiap hari ribuan orang sakit sembuh atas kemurahan hati Bunda tersuci melalui mukjizat-mukjizat (SS).

 

Pelita Hati: Yesus ingin kita menjadi alat-Nya untuk memberikan kesembuhan kepada sesama melalui kasih sayang-Nya 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar