Senin, 04 Februari 2013

Renungan harian: Rabu, 06 Februari 2013

Renungan harian: Rabu, 06 Februari 2013

Ibr : 12 : 4-7.11-15; Mrk : 6 : 1-6 – Pw St. Paulus Miki, dkk

 

Berkarya dengan Iman

 

            Di kota asal-Nya, Nazaret, Yesus menunjukkan jati diri melalui Sabda yang mengagungkan, kebijaksanaan yang dimiliki, dan kuasa dengan mukjizat. Tetapi, ketidakpercayaan dan ketidakpahaman penduduk akan karya Yesus membuat mereka memperlakukan Yesus sama dengan para nabi. Sikap tidak percaya ini menghalangi Yesus dapat diterima sebagai utusan ilahi. Mengapa penduduk Nazareth menolak-Nya setelah mereka sendiri mengagumi perbuatan ajaib yang telah dilaksanakan di tempat lain?

Sebenarnya kita juga tidak beda dengan penduduk Nazareth. Karena itu, kita juga perlu mengatakan kepada Tuhan: ampunilah karena aku sombong, angkuh karena membaca dengan dangkal kejadian-kejadian dalam hidupku dan dalam masyarakat. Tuhan, Engkau tidak berbuat banyak karena ketidakpercayaanku. Engkau tidak jauh dari padaku, akulah yang jauh daripada-Mu.

Hari ini Gereja memperingati St. Paulus Miki, Dkk. Paulus Miki dkk. merupakan para misionaris dan martir pertama yang dipenjarakan bersama dengan 26 orang kristiani, sebagian katekis awam, misdinar di Jepang. Tuduhan utama kepada mereka karena percaya kepada Yesus. Paulus Miki, dieksekusi di bukit Nagasaki, sebagian mati ketika menyanyikan mazmur, yang lain sedang berdoa dalam keheningan, kemudian mereka bersama-sama memohon pengampunan bagi yang membunuhnya. Kiranya kita dapat meneladan iman mereka dalam memberi pengampunan pada orang yang bersalah pada kita (SS).

 

Pelita Hati: Tuhan, Engkau tidak berbuat banyak karena ketidakpercayaanku

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar