Rabu, 20 Februari 2013

Renungan Harian: Kamis, 21 Februari 2013

Renungan Harian: Kamis, 21 Februari 2013

Est 4:10a. 10c-12.17-19; Mat 7:7-12

Belajar Berserah

 

            Berbagai kesulitan, meski tidak diinginkan, tak dapat ditolak kehadirannya dalam hidup. Kesulitan ini beragam rupanya, bergantung peran yang dijalani dalam hidup; ada kesulitan tersendiri yang dihadapi sebagai orangtua, suami dan istri, anak, pekerja, pelajar, wanita ataupun pria. Syukurlah bila kesulitan itu dapat dikendalikan dan akhirnya dapat diatasi dengan baik. Bagaimana bila tidak? Ke mana kita akan meminta pertolongan dan jalan keluar?

                Betapa bahagianya kita mendengar pesan lembut Yesus pada kita lewat Injil hari ini. "Mintalah…akan diberi, carilah…engkau mendapat. Ketuklah…pintu akan dibuka bagimu! (bdk. Mat 7:7)" Kata-kata-Nya memberi harapan bagi kita di saat masa-masa sulit datang menghampiri. Patut kita awaskan, kerap kali nilai pesan ini menjadi kabur bila kita dipenuhi oleh keegoisan yang hebat. Lihatlah, orang yang rakus akan asyik meminta rejeki yang melimpah. Orang yang dilanda kecemasan hebat akan meminta umur yang panjang dan kesehatan yang terjamin (seolah ingin hidup selama-lamanya). Akhirnya, semua permohonan yang dihaturkan hanya menjurus pada satu hal: kesenangan hampa di dunia yang sementara ini. Dan lagi, ketika doa yang dipanjatkan itu tidak terkabul sesuai keinginan nafsu kita maka kekecewaan akan datang di hati dan kerap ditandai dengan ungkapan," Tuhan tak pernah mendengar doaku…"

                Kini marilah kita mulai mengerti doa sebagai ungkapan penyerahan diri secara total kepada Allah, bukan lagi sebagai kumpulan permohonan yang tiada batas. Jika kita sanggup berserah kepada Allah apa lagi yang kita khawatirkan? Jika pun meminta, mintalah kekuatan untuk mampu berserah pada Allah. Jika pun mencari, carilah apa yang Allah kehendaki, bukan kehendak sendiri.

                Dalam hidup kita mesti berjuang untuk memperoleh apa yang terbaik bagi orang lain dan diri kita sendiri. Semua hal yang ada dalam kendali kita harus kita usahakan. Selebihnya, apa yang tak dapat kita kendalikan, biar Tuhan yang berkarya (HS).

 

Pelita Hati: Mintalah kekuatan untuk mampu berserah pada Allah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar