Rabu, 20 Februari 2013

Renungan Harian: Jumat, 22 Februari 2013

Renungan Harian: Jumat, 22 Februari 2013

1 Ptr 5:1-4;Mat 16:13-19 – Pesta Takhta St. Petrus

 

Membangun Gereja dalam Kasih

 

Yesus dalam Injil hari ini mengenalkan dan meneguhkan Petrus sebagai pemegang Kunci Kerajaan Surga juga sebagai tanda Kesatuan Gereja (bdk. Mat 16:19). Inilah yang hari ini dikenangkan oleh Gereja kita. Sejak abad keempat peringatan yang sama juga telah dirayakan di kota Roma. Dan memang pantaslah kita mengenangkannya, sebab lewat takhta Petrus beserta para Paus, sebagai penggantinya, kita dapat bersatu dan diteguhkan sebagai pengikut Kristus.

                Satu nilai penting yang dapat kita lihat dalam Kesatuan Gereja yang hingga kini masih bertahan ialah bahwa Kasih sungguh berperan sebagai perekat hingga Gereja kita dapat tetap satu hingga kini. Tanpa Kasih, takkan ada kesatuan yang dapat dibina terlebih dalam kesatuan berupa Gereja yang kita hidupi ini.

                Kini, nilai yang sama pun mesti kita tumbuhkan dalam Gereja kecil kita, yakni keluarga. Kasih dalam keluarga! Keluarga sungguh harus didasari oleh rasa mengasihi satu sama lain; ayah mengasihi ibu pun sebaliknya dan anak mengasihi orangtua pun sebaliknya. Tanpa Kasih, keluarga yang rukun hanya akan ada dalam angan saja.

                Masa prapaska yang kini kita jalani memberi kesempatan untuk merajut keluarga bahagia dalam Kasih. Kita patut mengusahakannya. Keluarga adalah Gereja kecil kita; tempat kita merasakan nilai sebuah kesatuan yang benar dan rukun di hadapan Allah (HS).

 

Pelita Hati: Tanpa Kasih, tak akan ada kesatuan yang dapat dibina

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar