Kamis, 31 Januari 2013

Renungan harian: Senin, 04 Februari 2013

Renungan harian: Senin, 04  Februari 2013

Ibr : 11 : 32-40; Mrk : 5 : 1 – 20

Sembuh karena Iman

Dalam Kita Suci ada tokoh iman, pria dan wanita yang sudah menghadapi beraneka tantangan dengan keberanian sehingga mereka perlu ditiru. Mereka tidak berjumpa dengan Yesus sehingga tidak menerima rahmat seperti kita melalui sakramen Baptis. Inilah yang ditulis oleh pengarang Surat kepada kaum kristiani keturunan Yahudi, diaspora. Maka, iman memiliki peranan penting dalam hidup manusia. Demikian juga dalam peristiwa Injil hari ini, karena iman, orang yang kerasukan setan dapat disembuhkan.

                Kita bersyukur diberi kesempatan merayakan Tahun Iman. Salah satu tantangan dari evangelisasi baru ini adalah "sekularisme", di mana manusia tidak lagi berhubungan dengan dunia yang di atas (saeculum = dunia yang melawan kebenaran, nilai injili). Manusia menjadi buta karena materialisme, hedonisme, dan sejenis. Sekularisme ini melebar ke mana-mana, menyentuh segala segi kehidupan manusia. Maka sekularisme ini benar-benar suatu ancaman bagi kita orang beriman tanpa terkecuali. Bahkan hal ini mulai nampak dalam Gereja, dengan menawarkan model, citra hidup yang bertentangan dengan nilai Injil.

                Manusia sekarang cenderung mengurus dunia dengan segala problemnya, secara sendiri-sendiri. Mereka tidak mempunyai alat pengukur diri sendiri serta nilai hidup bersama sebagai orang beriman. Semoga Tahun Iman ini mengembalikan kekuatan iman dan kehadiran Tuhan di tengah segala seluk-beluk hidup kita (SS).

 

Pelita Hati: Manusia menjadi buta karena materialisme, hedonisme, dan sejenis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar