Jumat, 25 Januari 2013

Renungan harian: Minggu, 27 Januari 2013

Renungan harian: Minggu, 27 Januari  2013

Neh 8:3-5a.6-7.9-11; 1 Kor 12:12-30; Luk 1:1-4; 4:14-21 – MB III

Karya dan Ajaran Yesus Diteruskan

 

Sejak awal kitabnya, Lukas menekankan kesungguhan usahanya: Ia memiliki sejumlah besar sumber informasi, antara lain teks Injil Matius dan Markus. Banyak peristiwa diperiksanya secara pribadi.

Lukas memang tidak menyusun buku sejarah dalam arti modern kata ini. Namun ia berkeyakinan, bahwa iman Kristen tidak boleh tidak mempunyai dasar dalam 'peristiwa Yesus', yang memang historis. Untuk itu pula ia berusaha menentukan waktu Allah mulai menunjukkan kasih karunia-Nya dalam diri Yesus!

Seperti di gunung Sinai Musa mengundangkan Hukum baru, dalam Khotbah di bukit Yesus mendasari Ajaran Baru yang lebih lengkap, lebih sempurna. Mukjizat-mukjizat membuktikan, tak bedanya dulu di Laut Merah, di padang gurun, bahwa kuasa tangan Tuhan terentang masih tetap mengikuti Israel baru, yang akan dibangun oleh Yesus atas dasar kedua belas rasul-Nya. Yesus mengajar dan menyembuhkan banyak orang. Ajaran Yesus harus diajarkan kepada semua orang, dan semua bangsa akan menjadi murid-Nya, dan demikian akan disembuhkan dari segala penderitaan akibat dosa dan kelambanan budi untuk menangkap dan menghayati arti kabar gembira (HN).

 

Pelita Hati: Sampai hari ini Tuhan masih melakukan mukjizat-mukjizat-Nya. Apakah kita mengalami dan mewartakannya?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar