Selasa, 08 Januari 2013

Renungan harian: Minggu, 13 Januari 2013 - MB I

Renungan harian: Minggu, 13 Januari 2013 – MB I

Yes 40:1-5.9-11; Tit 2:11-14; 3:4-7; Luk 3:15-16.21-22 – Pesta Pembaptisan Tuhan

 

Baptisan = Pembersihan dari Dosa

 

Air merupakan sumber kebersihan, kesegaran, dan kehidupan. Maka kita yang "kotor" karena tidak setia kepada Tuhan, harus datang kepada-Nya untuk dibersihkan dengan "air kehidupan" melalui pembaptisan dan bertobat dengan menampakkan sikap tobat itu dalam hidup nyata. Sebagai orang berdosa tidak ada di antara kita yang layak menerima cinta kasih Tuhan. Cinta kasih Alla kepada manusia nyata dalam diri Kristus, yang telah menjelma menjadi manusia. Cinta kasih itu lewat air pembaptisan telah menjadikan kita manusia baru, yang terpanggil untuk menjadi keluarga Kristus dalam hidup yang kekal.

Dalam Injil hari ini, Yohanes Pembaptis telah datang dan membaptis banyak orang dengan air, bahkan dia sendiri memperoleh privilege untuk membaptis Yesus. Pembaptisan dengan air itu merupakan awal dari suatu hidup baru yang ditempuh dalam kekudusan. Pembaptisan menjadi dasar panggilan setiap orang untuk berkarya sebagai pengikut Kristus.

Ketika kita menerima baptisan berarti kita dibersihkan dari segala dosa karena Kristus telah tinggal dalam diri kita. Kita dikuatkan karena Roh Kudus telah menyelamatkan kita. Kita mendapat kehidupan baru karena kita memperoleh nama baru di dalam Tuhan. Maka, kata-kata yang didengar oleh orang banyak ketika mereka dan Yesus selesai dibaptis oleh Yohanes, juga dikenakan kepada kita: "Engkaulah anak yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan." Jika kita melaksanakan kehendak Allah maka Ia akan mengganjari kita dengan keselamatan (Eriks).

 

Pelita Hati: Jika kita melaksanakan kehendak Allah maka Ia akan mengganjari kita dengan keselamatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar