Rabu, 02 Januari 2013

Renungan harian: Minggu, 06 Januari 2013

Renungan harian: Minggu, 06 Januari 2013

Yes 60:1-6; Ef 3:2-3a.5-6; Mat 2:1-12 – HR Penampakan Tuhan

 

Tuhan Datang dalam Kesederhanaan

 

Kedatangan raja selalu identik dengan kemewahan dan pesta besar. Segala sesuatu pun disiapkan mulai dari hal kecil hingga besar. Tempat yang akan dikunjungi diseterilkan dari berbagai kemungkinan yang dapat membuat raja tidak nyaman.

Sambutan kemewahan dan pesta besar ini bertolak belakang dengan Injil hari. Dalam Injil hari ini dilukiskan bagaimana para Majus datang dan menemukan Tuhan di tempat yang sederhana, yakni kandang domba. Mereka yang menyambut kehadiran raja ini pun cukup sederhana yakni hanya gembala dan ternak gembalaan mereka. Sungguh, kesederhanaan dalam penampakan Tuhan ini memberi pesan yang sangat mendalam bagi kita. Maka kita diundang agar hidup dalam kesederhanaan sebab sikap sederhana ini akan mengarahkan kita pada rencana Tuhan. Tuhan mencintai orang-orang yang sederhana nyata dalam penampakan kelahiran Yesus yang sederhana, yakni di kandang domba.

Hari ini Gereja merayakan hari raya Penampakan Tuhan. Dalam hari raya penampakan Tuhan ini dinyatakan bahwa Yesus telah datang ke dunia. Kedatangan Tuhan ini bukanlah dalam bentuk kemewahan bukan pula disambut dengan pesta besar melainkan dalam kesederhanaan dan kerendahan hati. Apakah kita telah berlaku sederhana dan rendah hati? Bagaimana berlaku sederhana dan rendah hati dapat kita tiru dari para Majus dari Timur yang mengikut suara hatinya untuk bertemu dengan Yesus dan memberi apa yang dibutuhkan sesama sebagai tanda penampakan Tuhan dalam diri mereka (Eriks).  

 

Pelita Hati: Kita diundang agar hidup dalam kesederhanaan sebab sikap sederhana ini akan mengarahkan kita pada rencana Tuhan.   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar