Senin, 07 Januari 2013

Renungan harian: Kamis, 10 Januari 2013

Renungan harian: Kamis, 10 Januari 2013

1Yoh 4:19-5:4; Luk 4:14-22a

Berguna bagi Sesama

 

Seorang pengendara sepeda motor menghentikan sepeda motornya untuk menolong seorang anak kecil yang disenggol bus. Pengendara sepeda motor ini sadar risiko yang dihadapinya, padahal dia tidak mengenal siapa anak kecil itu. Tak lama kemudian pengendara sepeda motor itu berhasil menolong anak itu dan membawanya ke rumah sakit terdekat. Setelah anak itu sadar, dia mengucapkan terima kasih kepada pengendara sepeda motor itu. Pengendara sepeda motor itu menjawab dengan senyum: "Semoga luka-lukamu lekas sembuh. Tapi kamu harus tahu bahwa kelak kamu pun dapat menjadi manusia berguna bagi orang lain."

Pertolongan yang dilakukan pengendara sepeda motor ini agak mirip dengan tugas yang dilakukan Yesus dalam Injil hari ini. Yesus menjelaskan siapa diri-Nya dan kepada siapa Dia datang. Ia menegaskan ada tiga tugas utama-Nya, yakni: membuat orang kembali kepada Tuhan, memungkinkan orang memandang kehadiran-Nya, dan membuat hati serta pikiran orang lega. Dalam tahun rahmat inilah Yesus hidup di tengah orang banyak, memberitakan Kerajaan Allah, menghidupkan harapan, menyembuhkan, mengusir setan, memilih murid-murid agar makin banyak orang yang dapat dilayani.

Kita juga dipanggil untuk mewujudkan tahun rahmat Tuhan dengan berguna bagi sesama. Apakah kita telah membawa rahmat masa kedamaian dan sukacita bagi sesama? Kiranya kita dapat menjalankan tugas kita sebagai orang yang berguna bagi sesama. Menjadi orang berguna bagi sesama dapat kita mulai dari hal kecil, misalnya menolong sesama yang membutuhkan khususnya mereka yang menderita sebagaimana dilakukan pengendara sepeda motor tadi. Semoga! (Eriks)

 

Pelita Hati: Kita juga dipanggil untuk mewujudkan tahun rahmat Tuhan dengan berguna bagi sesama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar