Senin, 21 Januari 2013

Renungan harian: Kami, 24 Januari 2013

Renungan harian: Kami, 24 Januari  2013

Ibr 7:25-8:6; Mrk 3:7-12

Yesus yang Tidak Dikenal

 

Yesus didatangi dan diikuti banyak orang dari mana-mana. Yesus tahu, bahwa kebanyakan tujuannya mengharapkan pertolongan. Tetapi Ia tetap menguasai situasi, membatasi yang tidak Ia inginkan.

Kabar bahwa Yesus mengajar dengan kuasa, berbuat baik, menyembuhkan orang, melakukan mukjizat, itu menarik. Untuk itu, orang mau menempuh perjalanan jauh dari mana-mana datang berdesak-desakan, hingga Yesus harus menemukan cara menghadapi mereka: dengan menggunakan perahu, sedikit menjauh, agar Ia bebas dari himpitan orang banyak berjejal-jejal mau menyentuh Dia, karena Ia menyembuhkan banyak orang. Ia melayani, tetapi juga menjaga keterlibatan teratur dan pembebasan diri. Yesus tidak pernah tenggelam dalam luapan masa, hanyut dibawa oleh arus kejadian.

 

Dalam penyembuhan yang dilakukan oleh Yesus, roh jahat tidak bertahan di hadapan Yesus: mereka merebahkan diri, mengakui kekalahan dan berteriak, "Engkau ini anak Allah." Dengan pernyataan ini setan tidak bermaksud membawa pada pengakuan yang benar, tetapi menyebarkan rasa takut, anggapan sesat, harapan keliru yang bukan-bukan, terhadap Mesias, berlainan sekali dari citra Mesias seperti dilihat dan dengan nyata dihayati oleh Yesus, menurut kehendak Bapa (HN).

 

Pelita Hati: Banyak orang tidak mengenal Yesus karena mempunyai pemahaman yang keliru tentang Dia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar