Senin, 03 Desember 2012

Renungan Harian: Jumat 7 Desember 2012

Renungan Harian: Jumat 7 Desember 2012

Mat 9:27-31

Sekali peristiwa ada dua orang buta mengikuti Yesus sambil berseru-seru,"Kasihanilah kami, hai Anak Daud!" Setelah Yesus masuk ke dalam sebuah rumah, datanglah kedua orang itu kepada-Nya. Yesus berkata kepada mereka,"Percayakah kalian, bahwa Aku dapat melakukannya?" Mereka menjawab,"Ya Tuhan, kami percaya." Lalu Yesus menjamah mata mereka sambil berkata,"Terjadilah padamu menurut imanmu." Maka meleklah mata mereka. Lalu dengan tegas Yesus berpesan kepada mereka,"Jagalah, jangan seorang pun mengetahui hal ini." Tetapi mereka keluar dan memasyhurkan Yesus ke seluruh daerah itu.

 

TERJADILAH PADAMU MENURUT IMANMU

Suatu hari dua orang bapak bertengkar untuk memperebutkan sepetak tanah di desa. Pertengkaran makin memuncak sehingga mereka mulai saling mengasah parang. Masing-masing berpikir, siapa yang berhasil membunuh lawan, dialah pemenang dan akan memiliki tanah yang disengketakan. Sebelum mengayunkan parang, seorang dari bapak tersebut menanyakan agama bapak lawannya. Ketahuan bahwa mereka sama-sama beragama Katolik. Lalu mereka terdiam. Jari-jari mereka kaku hingga parang jatuh sendiri, dan akhirnya mereka saling berpelukan. Iman mereka telah menyelamatkan mereka.

"Terjadilah padamu menurut imanmu", kata Yesus kepada dua orang buta yang mengikuti-Nya. Iman yang dimiliki orang buta tersebut membuat mata mereka terbuka pada kenyataan di hadapan mereka. Iman yang benar tampak pada dua orang buta tersebut. Mereka menyerahkan dan mempercayakan diri pada Tuhan. Mereka memohon belas kasihan Tuhan dan  mengandalkan-Nya. Iman seperti ini membawa keselamatan dan kebahagiaan.

Mungkin kita pernah takut mengakui iman kita di hadapan orang. Yesus berpesan bahwa menghidupi iman dan memperkenalkannya pada orang lain akan membawa kesembuhan, menjauhkan permusuhan, sehingga muncul keselamatan. Kalau iman akan Yesus sungguh-sungguh kita andalkan bukan kesombongan kita, maka akan terjadi pada kita menurut iman tersebut. Tuhan akan berkarya di dalam diri orang beriman. Selamat Adven (GN).

 

Pelita Hati: Iman yang benar membawa keselamatan dan kebahagiaan.

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar