Rabu, 21 November 2012

Renungan Harian: Sabtu 24 Nopember 2012

Renungan Harian: Sabtu 24 Nopember 2012

Luk 20:27-40

Pada suatu ketika datanglah kepada Yesus beberapa orang Saduki yang tidak mengakui adanya kebangkitan. Mereka bertanya kepada Yesus, "Guru, Musa menulis untuk kita perintah ini: 'Jika seorang yang mempunyai saudara laki-laki mati meninggalkan isteri tetapi tidak meninggalkan anak, maka saudaranya harus kawin dengan wanita itu dan membangkitkan keturunan bagi saudaranya. Ada tujuh orang bersaudara. Yang pertama kawin dengan seorang wanita lalu mati tanpa meninggalkan anak. Lalu wanita itu dikawini oleh yang kedua, dan oleh yang ketiga, dan demikianlah berturut-turut oleh ketujuh saudara itu. Mereka semua mati tanpa meninggalkan anak. Akhirnya wanita itu pun mati. Bagaimana sekarang dengan wanita itu? Siapakah di antara orang-orang itu yang menjadi suaminya pada hari kebangkitan? Sebab ketujuhnya telah beristerikan dia." BerkatalahYesus kepada mereka, ...

Lain kini, lain sesudah bangkit

Orang-orang Saduki yang tak percaya akan kebangkitan badan, berbicara dengan Yesus atas dasar ketidakpercayaannya. Mereka kira manusia sesudah bangkit nanti sama saja dengan manusia seperti sekarang: badan dan batinnya, kebutuhan dan kecemasannya.  Karena itu, mereka memulai dengan contoh yang salah. Padahal manusia yang sudah dibangkitkan itu sama sekali lain dari manusia sekarang ini.

Hal ini dengan jelas dapat kita lihat dalam diri manusia Yesus sesudah kebangkitan-Nya. Sesudah bangkit dari mati, Yesus sungguh lain dari diri-Nya selama ini, sehingga Ia tidak dikenal oleh mereka-mereka yang selama ini sudah kenal baik dengan Dia. Misalnya Maria Magdalena: ketika melihat Yesus yang telah bangkit ada di hadapannya, ia mengira Yesus itu sebagai 'penjaga taman'. Lalu dua murid yang dalam suasana hatinya yang khusus sedang menuju Emaus, tiba-tiba Yesus yang sudah bangkit itu berjalan bersama dengan mereka. Yesus itu tidak mereka kenal. Maka ketika Yesus bertanya tentang apa yang sedang mereka bicarakan, mereka berkata: 'Adakah Engkau satu-satunya orang asing di Yerusalem, yang tidak tahu apa yang terjadi di situ pada hari-hari belakangan ini?' Kemudian yang lebih hebat lagi: ketika Yesus yang telah bangkit menampakkan Diri kepada semua murid, mereka mengira dia sebagai 'hantu': 'Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu'.

Sesudah bangkit manusia sungguh lain dari manusia kini. Mereka tidak kawin dan tidak dikawinkan. Sebab mereka tidak dapat mati lagi; mereka sama seperti malaikat-malaikat dan mereka adalah anak-anak Allah, karena mereka telah dibangkitkan. Meskipun kita tidak tahu persis bagaimana keadaan kita kelak sesudah kebangkitan, berbahagialah kita yang percaya akan Yesus yang sudah bangkit (MS).

 

Pelita Hati: Mereka akan seperti malaikat-malaikat

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar