Senin, 05 November 2012

Renungan Harian: Jumat 2 Nopember 2012

Renungan Harian: Jumat 2 Nopember 2012

Yoh 11:17-27

Menjelang hari raya Paskah Yesus tiba di Betania, dan didapat-Nya Lazarus telah empat hari berbaring di dalam kubur. Betania itu tidak jauh dari Yerusalem, kira-kira dua mil. Di situ banyak orang Yahudi telah datang untuk menghibur Marta dan Maria berhubung dengan kematian saudaranya itu. Ketika Marta mendengar bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkan-Nya. Tetapi Maria tinggal di rumah. Maka kata Marta kepada Yesus, "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati. Tetapi sekarang pun aku tahu bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya. Kata Yesus kepada Marta, "Saudaramu akan bangkit." Kata Marta kepada-Nya, "Aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman." Yesus menjawab, "Akulah kebangkitan dan hidup; Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun sudah mati; dan setiap orang yang hidup serta percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?" Jawab Marta, "Ya Tuhan, aku percaya bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia."

 

YA, TUHAN, AKU PERCAYA

Kematian merupakan sesuatu yang menakutkan bagi setiap orang. Bahkan ketika hal itu terjadi pada anggota suatu keluarga seakan dunia gelap bagi seluruh keluarganya. Apalagi jika yang meninggal itu masih muda bahkan yang tua sekalipun.  Iman keluarga orang yang meninggal itu pun seakan ikut mati seiring dengan meninggalnya sanak keluarga mereka.

Peristiwa serupa terjadi dalam Injil hari ini. Ketika Yesus tiba, didapati-Nya Lazarus telah empat hari berbaring di dalam kubur. Orang-orang Yahudi pun datang kepada Maria dan marta untuk menghibur mereka berhubung dengan kematian saudaranya. Maka kata Marta kepada Yesus: "Tuhan seandainya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati." Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun sudah mati, dan setiap orang yang hidup serta percaya kepada-Ku tidak akan mati selama-lamanya." Jawab Marta: "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia."

Apakah kita percaya pada jawaban Yesus itu? Jika kita percaya maka kita tidak perlu takut pada kematian. Maka percayalah seutuhnya pada Yesus sang pemberi kehidupan dan kematian. Dengan mengucapkan "Ya, Tuhan, aku percaya" kita telah meyakini dan mempercayai bahwa Yesus sungguh berkuasa atas diri kita. Jika demikian, masihkan kita takut akan kematian? (MM).

 

Pelita Hati: "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia."

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar