Sabtu, 01 September 2012

Renungan Harian: Senin 3 September 2012

Renungan Harian: Senin 3 September 2012

Luk 4:16-30

Sekali peristiwa datanglah Yesus di Nazaret, tempat Ia dibesarkan. Seperti biasa, pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat. Yesus berdiri hendak membacakan Kitab Suci. Maka diberikan kepada-Nya Kitab Nabi Yesaya. Yesus membuka kitab itu dan menemukan ayat-ayat berikut,

"Roh Tuhan ada pada-Ku. Sebab Aku diurapi-Nya untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin. Dan Aku diutus-Nya memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, penglihatan kepada orang-orang buta, serta membebaskan orang-orang tertindas; Aku diutus-Nya memberitakan bahwa tahun rahmat Tuhan telah datang." Kemudian Yesus menutup kitab itu dan mengembalikannya kepada pejabat; lalu Ia duduk, dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada....

 

Kegenapan Nubuat

Sebagai seorang Yahudi, Yesus sangat hormat pada kebiasaan masyarakat setempat. Bila hari  Sabat tiba, Yesus juga hadir dan turut ambil bagian dalam ibadat. Suatu kali Yesus diberi kesempatan untuk membacakan isi Kitab Suci  di tengah umat. Yesus pun membuka Kitab itu, dan membacakan isi kitab Nabi Yesaya yang mengatakan: "Roh Tuhan ada padaku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; Ia telah mengutus Aku, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, dan untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." Kemudian Ia menutup kitab itu dan mengembalikannya kepada pejabat sinagoga. Yesus melanjutkan pengajaran-Nya dan menjelaskan isi Kitab Suci. Di akhir pengajaran-Nya itu, Yesus bersabda: "Pada hari ini genaplah  nas ini sewaktu kamu mendengarnya." Karena pengajaran-Nya yang menghibur hati umat, banyak orang yang membenarkan Dia.

Dengan Sabda itu, apa yang dinubuatkan oleh Nabi Yesaya, kini telah tergenapi dalam diri Yesus. Lewat bacaan Injil hari ini, Penginjil Lukas hendak mengetengahkan siapa dan apa misi Yesus. Dialah Mesias, yang diutus Allah untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin, membebaskan yang ditawan dan tertindas, menyembuhkan orang buta serta untuk menyampaikan tahun rahmat telah datang.

            Lewat Injil hari ini, Kabar gembira yang sama disampaikan kepada kita semua. Bagaimana kita menanggapinya? Hanya orang yang percaya akan sabda Yesus yang akan mengalami penyelamatan, sebagaimana para janda di Sarfat percaya akan pewartaan Nabi Elia sehingga mereka mengalami kuasa Allah. Kita juga akan mengalami kuasa Allah itu, apabila kita percaya dan mengimani sabda-Nya (BS).

 

Pelita Hati: Hanya orang yang percaya akan sabda Yesus  yang akan mengalami penyelamatan

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar