Rabu, 26 September 2012

Renungan Harian: Sabtu 29 September 2012

Renungan Harian: Sabtu 29 September 2012

Yoh 1:47-51

Pada waktu itu Natanael datang kepada Yesus atas ajakan Filipus. Tatkala melihat Natanael datang, Yesus berkata tentang dia, "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" Kata Natanael kepada Yesus, "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya, "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael kepada-Nya, "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menjawab, kata-Nya, "Karena Aku berkata kepadamu: "Aku melihat engkau di bawah pohon ara," maka engkau percaya? Hal-hal yang lebih besar daripada itu akan kau lihat." Lalu kata Yesus kepadanya, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka, dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

 

Menjadi Malaikat

Malaikat artinya duta, utusan yang mempunyai tugas khusus dari Allah kepada manusia. Mikael, yang berarti "siapakah yang sama dengan Allah?" adalah malaikat agung dari Allah dan panglima bala tentara surga. Dalam iman Kristen, Mikael dikenal sebagai pembela kaum beriman dalam menghadapi serangan musuh.

Gabriel artinya "kekuatan Allah" dikenal sebagai pembawa "kabar gembira" dari Tuhan kepada manusia. Dalam Perjanjian Baru Gabriel dikenal sebagai pembawa kabar gembira kepada Zakharia. Kabar gembira itu adalah doa Zakharia dikabulkan oleh Tuhan, yakni istrinya Elisabeth akan melahirkan seorang anak yang diberi nama Yohanes. Gabriel menjadi sangat populer saat mengunjungi Maria dengan pesan bahwa dia akan melahirkan Juru Selamat. Rafael artinya "obat Tuhan" atau Tuhan menyembuhkan. Dalam Kitab Suci melaikat inilah yang menyembuhkan Tobias dari kebutaannya dan membebaskan Sara dari gangguan roh jahat. Jadi, malaikat Rafael diutus Allah untuk menyembuhkan manusia dari penyakit dan menguatkan kelemahan jiwa.

Mikael, Gabriel, dan Rafael adalah malaikat agung yang diutus Allah, sebagai perpanjangan tangan Allah untuk mendampingi dan membawa manusia pada keselamatan. Maka, melalui pesta ini kita diajak membalas kebaikan Allah itu dengan kerelaan kita untuk saling membantu, membimbing, melindungi satu sama lain sehingga semua kita mendapat pertolongan dari Tuhan. Semoga aku dapat menjadi malaikat bagi orang lain (AP)

 

Pelita Hati: Allah mengutus malaikat sebagai perpanjangan tangan-Nya untuk mendampingi dan membawa manusia pada keselamatan.

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar