Senin, 03 September 2012

Renungan Harian: Rabu 5 September 2012

Renungan Harian: Rabu 5 September 2012

Luk 4:38-44

Setelah meninggalkan rumah ibadat di Kapernaum, Yesus pergi ke rumah Simon. Adapun ibu mertua Simon sakit demam keras, dan mereka minta kepada Yesus supaya menolong dia. Maka Yesus berdiri di sisi wanita itu, lalu menghardik demamnya. Segera penyakit itu meninggalkan dia.

Wanita itu segera bangun dan melayani mereka. Ketika matahari terbenam, semua orang membawa kerabatnya yang sakit kepada Yesus. Ia meletakkan tangan atas mereka masing-masing dan menyembuhkan mereka. Dari banyak orang keluar juga setan-setan sambil berteriak, "Engkaulah Anak Allah." Tetapi dengan keras Yesus melarang mereka berbicara, karena mereka tahu bahwa Ia Mesias. Ketika hari siang Yesus berangkat ke suatu tempat yang sunyi. Tetapi orang banyak mencari Dia. Ketika menemukan-Nya, mereka berusaha menahan Dia, supaya jangan meninggalkan mereka. Tetapi Yesus berkata kepada mereka, "Juga di kota-kota lain Aku harus mewartakan Injil Allah sebab untuk itulah Aku diutus." Dan Ia mewartakan Injil dalam rumah-rumah ibadat di Yudea.

 

Diutus untuk Semua Orang

Setelah pulang dari rumah ibadat Yahudi, Yesus singgah di rumah Simon. Kebetulan ibu mertua Simon sedang sakit demam keras dan mereka memohon agar Yesus menyembuhkan dia. Setelah meletakkan tangan-Nya atas wanita itu, seketika itu juga wanita itu menjadi sembuh. Ia pun bangkit dan segera melayani Yesus. Kunjungan Yesus sungguh menggembirakan hati keluarga Simon. Mendengar bahwa Yesus ada di rumah Simon, orang banyak datang ke rumah Simon sambil membawa orang-orang sakit agar sudi dijamah oleh Yesus.

Keesokan harinya, ketika Yesus dan para murid hendak berangkat untuk mewarta ke tempat lain, orang lain bermaksud menahan Yesus. Tetapi Yesus menjawab sambil berkata, "Juga di kota-kota lain Aku harus ...."

Sikap Yesus yang tidak ingin tinggal menetap di Kapernaum, menunjukkan maksud perutusan-Nya. Yesus tidak hanya diutus untuk kalangan tertentu saja. Kehadiran Yesus tertuju kepada semua orang. Kehadiran Yesus hendak mewarta dan menyatakan kehendak Allah kepada seluruh bangsa (BS).

 

Pelita Hati: Kehadiran Yesus tertuju kepada semua orang.

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar