Sabtu, 11 Agustus 2012

Renungan Harian: Sabtu 11 Agustus 2012

Renungan Harian: Sabtu 11 Agustus 2012

Mat 17:14-20

Sekali peristiwa datanglah seorang mendapatkan Yesus dan menyembah, katanya, "Tuhan, kasihanilah anakku. Ia sakit ayan dan sangat menderita. Ia sering jatuh ke dalam api dan juga sering ke dalam air. Aku sudah membawanya kepada murid-murid-Mu, tetapi mereka tidak dapat menyembuhkannya." Maka kata Yesus, "Hai, kalian, angkatan yang tidak percaya dan sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kalian? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kalian? Bawalah anak itu kemari!" Dengan keras Yesus menegur roh jahat itu lalu keluarlah ia daripadanya, dan anak itu sembuh seketika itu juga. Kemudian ketika mereka sendirian, para murid menghampiri Yesus dan bertanya, "Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?" Yesus menjawab, "Karena kalian kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sungguh, sekiranya kalian mempunyai iman sebesar biji sesawi saja  kalian dapat berkata kepada gunung ini, 'Pindahlah dari sini ke sana,' maka gunung ini akan pindah; dan tiada yang mustahil bagimu."

 

IMAN KITA LEMAH

Yesus mengalahkan roh jahat dengan menyembuhkan seorang anak yang sakit ayan. Penyembuhan itu dimanfaatkan Matius untuk menegaskan pentingnya iman. Kiranya dapat dipastikan, bahwa Matius ingin meredakan kegelisahan yang timbul dalam jemaat Kristen purba. Mereka itu amat heran, bahwa para rasul tidak memiliki kuasa untuk mengerjakan mukjizat seperti Yesus.

Keluhan semacam ini sekali-sekali terdengar pula di zaman sekarang, sehingga pantaslah kita memperhatikan amanat bacaan Injil hari ini. Betapa sering orang Kristen meragu-ragukan kekuatan Injil! Betapa sering hirarki Gereja tidak yakin, bahwa suatu prakarsa yang muncul di luar lingkungannya sendiri, diprakarsai dan dijiwai oleh Roh Kudus! Semoga kita benar-benar percaya akan kemungkinan lahirnya suatu Gereja baru bagi dunia baru! (HN)

 

Pelita Hati: Kita mohonkan agar iman kita kuat dengan membiarkan rahmat Tuhan bekerja dalam diri kita.

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar