Sabtu, 21 Juli 2012

Renungan Harian: Selasa 24 Juli 2012

Renungan Harian: Selasa 24 Juli 2012

Mat 12:46-50

Sekali peristiwa ketika Yesus sedang berbicara dengan orang banyak, ibu dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia. Maka berkatalah seseorang kepada-Nya, "Lihat, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau." Tetapi Yesus menjawab kepadanya, "Siapakah ibu-Ku? Dan siapakah saudara-saudara-Ku?" Dan sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya, ia bersabda, "Inilah ibu-Ku, inilah saudara-saudara-Ku! Sebab siapa pun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di surga, dialah saudara-Ku, dialah saudari-Ku, dialah ibu-Ku."

 

MELAKSANAKAN KEHENDAK BAPA

Persaudaraan rohani melebihi persaudaraan jasmani. Mereka yang hidup dalam persaudaraan rohani ini dengan cara khusus ataupun menjadi religius akan lebih akrab dengan saudara rohani ketimbang kerabat jasmani. Sebab persaudaraan rohani memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih penting yang harus lebih diutamakan daripada hal lainnya.

Yesus sangat tegas mengenai hal ini. Yesus sadar bahwa Ia mesti melaksanakan panggilan khusus yang diterima-Nya dari Bapa. Yesus berusaha melaksanakan panggilan-Nya untuk melayani umat dan tanpa bermaksud menyangkal keberadaan keluarga-Nya. Yesus paham mana prioritas utama dalam hidup-Nya. Untuk itu, Yesus sangat mengharapkan pengertian dari keluarga. Hal ini nyata ketika Ia berkata: "Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?" Dalam hal ini, Yesus mau menegaskan bahwa sekarang dan di sini prioritas adalah melayani umat sementara urusan keluarga berbeda waktunya. Hal utama bagi Yesus tidak lain dan tidak bukan adalah melaksanakan kehendak Bapa. Mereka yang melaksanakan kehendak Bapa inilah ibu dan saudara-saudari Yesus.

Kita merupakan saudara-saudari Yesus. Kita akan menjadi prioritas bagi-Nya apabila kita mau dan selalu melaksanakan kehendak Bapa sebagaimana dilakoni-Nya. Apakah kita telah melaksanakan kehendak Bapa? Semoga kita lebih mengutamakan tugas panggilan kita tanpa terhalang oleh apa pun juga (RBM).

 

Pelita Hati: Ibu dan saudara-saudara Yesus adalah orang-orang yang melaksanakan kehendak Bapa.

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar