Selasa, 31 Juli 2012

Renungan Harian: Rabu 01 Agustus 2012

Renungan Harian: Rabu 01 Agustus 2012

Mat 13:44-46

Sekali peristiwa Yesus mengajar orang banyak, "Hal Kerajaan Surga itu seumpama harta yang terpendam di ladang yang ditemukan orang, lalu dipendamnya lagi. Karena sukacitanya, pergilah ia menjual seluruh miliknya, lalu membeli ladang itu. Demikian pula hal Kerajaan Surga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah, setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, ia pun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu."

 

PILIHAN UTAMA

Setelah mendengar Injil Mateus hari ini tentang harta terpendam, St. Antonius Abbas pergi dan menjual segala hartanya, membagi-bagikannya kepada orang miskin, dan memilih hidup bertapa di padang gurun.

Sepanjang abad, contoh-contoh seperti ini masih terjadi. Di dalam hidup ada suatu peristiwa timbul, yang tak diduga sebelumnya, tetapi jadi menentukan untuk selanjutnya. Peristiwa itu menjadi titik balik di dalam hidup, saat pertobatan, saat kesadaran lebih dalam akan panggilan: orang mulai dengan "perjalanan baru" dalam hidupnya.

Dalam hidup rohani orang bisa lama mencoba, mencari-cari jalan untuk menentukan cara doa yang sesuai baginya. Dalam mengatur hidup mencoba-coba jadwal, mengubah, menyusun kembali, untuk menemukan keselarasan, imbangan antara doa dan karya. Dalam hubungan dengan sesama orang bergulat untuk menemukan jalan mendekati hari, menghidupkan pelita yang hampir padam. Orang berkehendak baik dan jujur belum tentu gampang menemukan bimbingan dari orang yang mengerti. Tetapi sekali menemukan mutiara indah, segala lainnya ditinggalkan, untuk pilihan yang satu ini. Akhirnya ditemukan apa yang lama dicari-cari (HN).

 

Pelita Hati: Orang yang telah menemukan pilihan utama dalam hidup akan bahagia. Apakah kita sudah menemukan Tuhan sebagai pilihan utama?

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar