Jumat, 04 Mei 2012

Renungan Harian: Senin 7 Mei 2012

Renungan Harian: Senin 7 Mei 2012

Yoh 14:21-26

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,

"Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku, dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku padanya." Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya, "Tuhan, apakah sebabnya Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?" Jawab Yesus,"Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku. Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan kami akan datang kepadanya, dan diam bersama-sama dengan dia. Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah daripada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu. Dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu."

 

HIDUP DALAM KASIH YESUS

Seorang imam dengan semangat berapi-api berkhotbah tentang kasih dalam Gereja. Salah satu petikan kalimat yang diungkapkannya demikian: "Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita saling mengasihi!" Ungkapan ini menunjukkan bahwa imam itu sungguh dapat mengamalkan ucapannya. Ungkapan imam itu diuji ketika ia ke luar dari Gereja. Ketika itu seorang pengemis meminta sedekah padanya tetapi ia tidak memberinya. Maka ungkapan kasih itu tidak cukup hanya diucapkan tapi butuh tindakan nyata. Tindakan nyata seturut kehendak Yesus itulah kasih yang sejati.

Dalam Injil hari ini diungkapkan bahwa kesatuan Yesus dengan Bapa dan pengikut-Nya adalah berdasarkan pada saling mengasihi. Ungkapan kasih itu bukan hanya melalui kata, melainkan lebih pada tindakan nyata. Cara mengasihi Yesus adalah dengan melakukan perintah Yesus. Siapa yang mengasihi Yesus adalah juga mengasihi Bapa. Setiap orang yang mengasihi Yesus dengan melakukan segala perintah-Nya, otomatis akan dikasihi Yesus dan Bapa.

Mampukah kita dalam hidup harian kita hidup dalam kasih? Roh kudus akan mengajar kita untuk melakukan dan melaksanakan perintah Yesus, yakni saling mengasihi. Mari bersandar pada Yesus dengan percaya bahwa dengan melakukan kehendak Yesus, kita akan memperoleh kasih-Nya yang melimpah (RBM).

 

Pelita Hati: Ungkapan kasih itu bukan hanya melalui kata, melainkan lebih pada tindakan nyata.

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar