Selasa, 15 Mei 2012

Renungan Harian: Selasa 15 Mei 2012

Renungan Harian: Selasa 15 Mei 2012

Yoh 16:5-11

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorang pun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi? Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, maka hatimu berdukacita. Namun benar yang Kukatakan kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau penghibur itu datang, Ia akan menginsyafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum."

 

PEMBERITAHUAN TENTANG KEPERGIAN

Ketika orangtua akan pergi ke suatu tempat, mereka akan memberikan nasihat kepada anak-anaknya supaya mereka tetap baik, sehat, kuat, dan bersatu. Ini adalah tanda cinta dan kasih sayang mereka kepada anak-anaknya.

Injil hari ini "mensosialisasikan" kepergian Yesus kepada Bapa. Sebelum Yesus berangkat Ia memberi kata-kata peneguhan bagi mereka supaya tetap berpegang teguh dalam iman. Jangan sedih apalagi takut. Pesan dari pemberitahuan ini, di samping supaya para murid tahu, juga yang terpenting mereka tetap bersatu dan percaya bahwa Yesus tidak akan meninggalkan mereka sendirian.

Yesus mengatakan, "Lebih baik untuk kalian kalau Aku pergi, sebab kalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu". Dia yang dimaksud Yesus ialah Roh Kudus. Roh Kudus itulah yang akan membimbing dan mengarahkan tugas pewartaan mereka. Jadi, mereka tidak perlu takut.

            Yesus tidak akan pernah meninggalkan kita, kendati Ia akan berangkat kepada Bapa sebagaimana Injil sosialisasikan. Sebagai ganti-Nya, Ia akan mengutus penolong, pembimbing yang senantiasa setia dalam jalan hidup dan iman kita. Maka kita tidak perlu cemas, apalagi takut. Yesus tetap berjanji akan bersama kita sampai akhir zaman (YIS).

 

Pelita Hati: Jangan sedih apalagi takut sebab Aku akan mengutus penolong dan pembimbing untukmu, Dialah Roh Kudus.

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar