Rabu, 02 Mei 2012

Renungan Harian: Sabtu 5 Mei 2012

Renungan Harian: Sabtu 5 Mei 2012

Yoh 14:7-14

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,

"Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku.

Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." Kata Filipus kepada-Nya, "Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami." Dan itu sudah cukup bagi kami." Kata Yesus kepadanya, "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namum engkau tidak mengenal Aku?

Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa ; bagaimana engkau berkata : Tunjukkanlah Bapa kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku ; Atau setidak-tidaknya percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu ; Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu.

Sebab Aku pergi kepada Bapa ; Dan apa pun yang kamu minta dalam...

 

PERCAYA PADA KRISTUS

Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Maka ada ungkapan yang mengatakan, bukan perpisahan yang kutangisi tapi pertemuan yang kusesali. Ungkapan ini menunjukkan betapa sedih ketika akan berpisah dengan orang yang kita sayangi. Bahkan tidak jarang perpisahan itu membuat kedua belah pihak yang akan pergi dan ditinggal berurai air mata dan tak kuasa melepas kepergian orang yang dikasihi itu.

Hal senada juga dialami oleh para murid-murid Yesus. Maka sebelum berpisah dengan mereka, Yesus menjelaskan bahwa Ia dan Bapa adalah satu. Para murid Yesus belum memahami dan mengetahui kesatuan ini. Berhadapan dengan ketidaktahuan para murid tentang kesatuan Yesus dan Bapa, Ia berpesan dan mengajak mereka untuk percaya. Yesus berkata: "Barangsiapa percaya kepada-Ku ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari itu." Perkataan Yesus ini ditujukan bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya, tanpa terkecuali.

Sebagai pengikut Kristus sebenarnya kita telah menyatukan diri kita dengan Yesus Kristus. Karena itu, segala tugas Yesus juga menjadi tugas kita. Dengan melaksanakan tugas-tugas tersebut, kita sungguh menyatakan diri sebagai pengikut Kristus. Sebaliknya, apabila kita tidak melaksanakan tugas tersebut dalam hidup harian kita sedikit pun maka status kita sebagai pengikut Kristus menjadi dipertanyakan (RBM).

 

Pelita Hati: Barangsiapa percaya kepada-Ku ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari itu.

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar