Selasa, 15 Mei 2012

Renungan Harian: Sabtu 19 Mei 2012

Renungan Harian: Sabtu 19 Mei 2012

Yoh 16:23b-28

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,

"Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Kukatakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Kini Aku meninggalkan dunia lagi dan pergi kepada Bapa."

 

DOA DAN KASIH

Injil hari ini merupakan kelanjutan dari Injil kemarin. Yesus melanjutkan kata-kata peneguhan-Nya kepada para murid. Dua poin yang perlu kita dalami di sini yakni doa dan kasih. Keduanya sangat berhubungan erat. Dikatakan, "Apa saja yang kalian minta kepada Bapa atas nama-Ku, itu akan diberikan Bapa kepadamu. Sampai sekarang kalian belum meminta apa-apa atas nama-Ku. Mintalah, maka kalian akan  menerima, supaya kegembiraanmu sempurna."

Ini menambah pemahaman dan keyakinan kita tentang doa bahwa Allah akan mendengarkan doa-doa kita yang kita haturkan atas nama Yesus, Putra-Nya. Ia tidak pernah mengabaikan permohonan yang datang dari hati yang tulus ikhlas. Inilah janji yang pasti dari Yesus. Ini jugalah menjadi kabar sukacita bagi kita yang sering berharap. Tetapi kendati demikian, kesabaran dalam penantian dan pengharapan itu sangatlah penting. Kedua, dalam kaitan dengan kasih. Yesus menegaskan bahwa Bapa-Nya mengasihi mereka karena itu Allah sendiri yang akan mendengarkan dan mengabulkan permintaan mereka karena kasih-Nya yang sangat dalam dan besar.

Kita sering kecewa karena merasa doa dan permohonan kita tidak terkabul. Semoga sapaan dan nasihat Yesus pada hari ini menyemangati kita agar jangan pernah berhenti apalagi menyerah. Dia telah berjanji bahwa Doa kepada Bapa atas nama-Nya akan dikabulkan. Namun kembali, kesabaran sangat penting, dan Allah akan memberikan apa yang terbaik sesuai dengan kehendak-Nya (YIS).  

 

Pelita Hati: Allah tidak pernah mengabaikan permohonan yang datang dari hati yang tulus ikhlas.

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar