Rabu, 30 Mei 2012

Renungan Harian: Kamis, 31 Mei 2012

Renungan Harian: Kamis, 31 Mei 2012
Luk 1:39-56
Beberapa waktu sesudah kedatangan Malaikat Gabriel, bergegaslah Maria ke pegunungan menuju sebuah kota di wilayah Yehuda. Ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. Ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya, dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring, "Diberkatilah engkau di antara semua wanita, dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. Sungguh, berbahagialah dia yang telah percaya, sebab firman Tuhan yang dikatakan kepadanya akan terlaksana." Lalu kata Maria, "Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan...

TIPE ORANG
Pengelompokan orang dapat menolong kita memahami tipe mereka. Orang dapat dikelompokkan dari cara mereka memasuki sebuah ruangan. Kelompok pertama, ketika mereka memasuki sebuah ruangan, mereka berkata, "Saya di sini." Ini adalah tipe orang yang suka menarik perhatian bagi dirinya. Mereka suka menjadi pusat perhatian. Kelompok kedua adalah ketika memasuki sebuah ruangan yang penuh dengan orang, ia bersikap seakan-akan tidak ada orang lain di sana. Ia tidak menyapa orang lain. Ia mengambil tempat duduk dan melakukan apa yang ia suka tanpa perduli akan keberadaan orang lain. Tipe ketiga adalah ketika memasuki ruangan, orang tersebut berkata, "Ah, kamu di sini rupanya. Saya senang melihatmu di ruangan ini. Saya senang bertemu denganmu di sini. Saya senang kamu berada lebih dahulu di sini."
Maria termasuk tipe ketiga. Ia membawa Tuhan di dalam kandungannya. Jika kita perhatikan, saat Maria dan Elisabet bertemu, siapa yang pertama-tama menyapa? MARIA! Walau dia adalah ibu Tuhan, sekalipun Malaikat menampakkan diri padanya, Marialah yang pertama sekali menyapa, dan Elisabet berkata, "Di saat aku mendengar salammu, melonjaklah anak yang di dalam kandunganku." Itulah Maria! Ia rendah hati, sederhana, dan penuh perhatian kepada orang lain.
Mari kita berdoa kepada Tuhan supaya kita dimampukan untuk melihat Tuhan dalam diri orang lain. Ketika memasuki sebuah ruangan, ketika memasuki Gereja, kita tidak lupa bahwa Tuhan hadir di sana. Ketika memasuki sebuah ruangan atau sebuah Gereja, kita tidak lupa bahwa Tuhan hadir di dalam diri orang lain. Mudah-mudahan kita adalah tipe ketiga. Mari kita saling menyapa seakan-akan Tuhan telah mengunjungi kita, seperti Elisabet (DES).

Pelita Hati: Mudah-mudahan kita adalah tipe ketiga, ketika kita memasuki gereja, kita tidak lupa bahwa Tuhan hadir di sana.

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.


Pax et Bonum

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar