Jumat, 25 Mei 2012

Renungan Harian: Jumat, 25 Mei 2012

Renungan Harian: Jumat, 25 Mei 2012
Yoh 21:15-19
Yesus yang telah bangkit menampakkan diri kepada murid-murid-Nya.
Sesudah mereka sarapan, Yesus berkata kepada Simon Petrus, "Simon anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa Aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya,"Gembalakanlah domba-domba-Ku!" Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya, "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya. " Benar, Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya,"Gembalakanlah domba-domba-Ku!" Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya, "Simon, anak Yohanes apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedihlah hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya, "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya, "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu! Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya,"Gembalakanlah domba-domba-Ku! Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika masih muda engkau sendiri mengikat pinggangmu dan engkau berjalan ke mana saja kau kehendaki. Tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu, dan orang lain akan mengikat engkau dan....
KASIH LEWAT PERBUATAN
Seorang ayah bertanya kepada anaknya,"Nak, apakah kamu mengasihi ayah?" Anaknya diam saja. Ayahnya bertanya lagi, "Nak, apakah kamu masih mengasihi ayah? Anaknya tetap diam. Ketiga kalinya ayahnya bertanya dengan suara yang lebih kuat, "Nak, apakah kamu masih mengasihi ayah? Anaknya menoleh dan dengan menangis ia mengatakan, "Setiap pagi aku menyediakan sarapan dan kopi untuk ayah sepeninggal ibu. Saya juga selalu mencuci dan menyetrika pakaian ayah. Saya pikir, ayah tahu dari apa yang telah saya lakukan."
Dalam Injil Yesus tiga kali bertanya kepada Petrus, apakah ia benar dan sungguh mengasihi-Nya. Setiap kali Petrus mengatakan Ya, aku mengasihi-Mu. Yesus menandaskan, "Peliharalah domba-domba-Ku." Inti dari dialog yang indah tentang kasih ini ialah, Petrus harus menunjukkan komitmennya sebagai murid. Ia harus menunjukkan kesetiaannya dalam tugas perutusannya mewartakan kabar gembira dengan konsekuen. Inilah bentuk dan bukti bahwa Ia benar mengasihi Sang Guru.
Apakah kita mengasihi Yesus? Kalau ya, pertanyaan lebih mendalam, bukti apa yang kita berikan dan tunjukkan dari kasih itu? Jawabannya ialah cukup sederhana, yakni mengasihi sesama dan membantu orang yang membutuhkan uluran tangan kita. Yesus mengatakan, "Hendaklah kalian saling mengasihi sebagaimana Aku telah mengasihi kalian. Tunjukkanlah kasih itu dengan perbuatan konkret, sederhana, namun bermakna bagi yang membutuhkan (YIS).

Pelita Hati: Hendaklah kalian saling mengasihi sebagaimana Aku telah mengasihi kalian.

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.


Pax et Bonum

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar