Rabu, 15 Februari 2012

RENUNGAN HARIAN: Senin, 20 Februari 2012

RENUNGAN HARIAN: Senin, 20 Februari 2012

Mrk 9:14-29

Pada suatu hari Yesus bersama Petrus, Yakobus dan Yohanes, turun dari gunung, lalu kembali pada murid-murid lain. Mereka melihat orang banyak mengerumuni para murid itu, dan beberapa ahli Taurat sedang mempersoalkan sesuatu dengan mereka. Ketika melihat Yesus, orang banyak itu tercengang-cengang semua, dan bergegas menyambut Dia.

Yesus lalu bertanya kepada mereka, "Apa yang kamu persoalkan dengan mereka? " Kata seorang dari orang banyak itu, "Guru, anakku ini kubawa kepada-Mu karena ia kerasukan roh yang membisukan dia. Setiap kali roh itu menyerang, anakku dibantingnya ke tanah. Lalu mulutnya berbusa, giginya berkertakan, dan tubuhnya menjadi kejang. Aku sudah meminta kepada murid-murid-Mu, supaya mereka mengusir roh itu, tetapi mereka tidak dapat." Maka kata Yesus kepada mereka, "Hai kamu angkatan yang tidak percaya, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu kemari!" Lalu mereka membawanya kepada Yesus. Dan ketika roh itu melihat Yesus, anak itu segera digoncang-goncangnya; dan anak itu terpelanting di tanah dan terguling-guling, sedang mulutnya berbusa. Kemudian Yesus bertanya kepada ayah anak itu, "Sudah berapa lama ia mengalami ini?" Jawabnya,"Sejak masa kecilnya! Seringkali roh itu menyeretnya ke dalam api ataupun ke dalam air untuk...

 

BEKAL DALAM KARYA

Sebelum seseorang diutus untuk melaksanakan tugas ke suatu tempat maka kepadanya lebih dulu dilakukan pembekalan khusus. Pembekalan khusus ini bisa berupa penyerahan wewenang atau tugas sebagai bentuk tanggung jawab dan pekerjaannya di tempat yang baru. Dengan itu orang yang diutus akan betul-betul siap dengan situasi baru dari hal kecil hingga hal besar sekalipun.

Hal serupa juga dilakukan Yesus pada murid-murid-Nya. Ketika Yesus mengutus murid-murid-Nya mewartakan kabar gembira, kepada mereka diberi kuasa untuk mengusir roh-roh jahat. Kuasa serupa juga diberikan pada para pengikut Yesus zaman ini, yakni kita yang percaya pada-Nya. Bukan hanya itu, bahkan ada orang-orang dan imam-imam tertentu yang secara resmi diberi tugas untuk mengusir roh jahat (para exorsis).

Tentu bukan hal yang mudah untuk mengetahui seseorang kerasukan roh jahat. Apabila terjadi demikian sementara orang atau imam yang diberi kuasa untuk itu tidak ada maka kita sendiri dapat melakukannya. Kita dapat melakukannya dengan penuh iman dengan berkata: "Dalam nama Yesus, aku katakan, keluarlah dari orang ini dan jangan datang lagi!" Atau kita dapat berdoa, sebab seperti kata Yesus dalam Injil hari ini, bahwa jenis yang paling bandal pun dapat diusir dengan doa (SKw).

 

Pelita Hati: "Setiap pengikut Kristus diberi kuasa untuk mengusir roh jahat"

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar