Selasa, 07 Februari 2012

RENUNGAN HARIAN: Minggu, 12 Februari 2012

RENUNGAN HARIAN: Minggu, 12 Februari 2012

Mrk 1:40-45

Sekali peristiwa seorang yang sakit  kusta datang kepada Yesus. Sambil berlutut di hadapan Yesus ia memohon bantuan-Nya, katanya, "Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku." Maka tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu, dan berkata kepadanya, "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan ia menjadi tahir. Segera Yesus menyuruh orang itu pergi dengan peringatan keras, "Ingatlah, janganlah engkau memberitahukan hal ini kepada siapa pun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam, dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan yang diperintahkan oleh Musa, sebagai bukti bagi mereka." Tetapi orang itu pergi memberitakan peristiwa itu dan menyebarkannya ke mana-mana, sehingga Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota. Yesus tinggal di luar kota di tempat-tempat yang sepi, namun orang terus juga datang kepada-Nya dari segala penjuru.

 

HATI YANG BERBELAS KASIH

Barangkali anda pernah berjumpa dengan seorang penyakit kusta. Pada zaman Yesus, penyakit kusta merupakan penyakit yang sangat menakutkan di tengah-tengah masyarakat. Bahkan hingga saat ini, walau penyakit tersebut sudah bisa diobati oleh para medis, namun masih tetap menakutkan bagi banyak orang. Menakutkan bagi banyak orang karena penyakit ini bisa menular dan sangat menjijikkan.

Yesus dihadapkan pada penyakit kusta. Keterbukaan si kusta kepada Yesus membuat hati-Nya tergerak oleh belas kasih untuk menyembuhkan si kusta. Dengan mengulurkan tangan dan menjamah si kusta itu; dia pun menjadi tahir. Rahmat kasih Allah menyembuhkan orang yang sakit. Ini tampak nyata dalam bacaan Injil hari ini. Yesus menyembuhkan orang yang sakit kusta karena tergerak hati-Nya oleh belas kasihan. Kasih Yesus menyembuhkan orang yang sakit.

Tentu kita pun pernah mengalami suatu beban, derita, salib dalam kehidupan ini. Karena begitu beratnya kita bahkan tidak tahu ke mana harus mengadu. Hari ini Yesus memberi jalan;Yesus membuktikan bahwa Dia Penyembuh ajaib. Semua dilakukan-Nya karena di dalam diri-Nya ada hati yang berbelas kasih. Kiranya kita juga mendapat belas kasih Yesus tersebut (FP).

 

Pelita Hati: "Rahmat kasih Allah menyembuhkan orang yang sakit."

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar