Senin, 23 Januari 2012

Roh Kudus itu Sungguh Luar Biasa (Mrk 3:22-30)


RENUNGAN HARIAN: Senin, 23 Januari 2012
Mrk 3:22-30
Pada suatu hari datanglah ahli-ahli Taurat dari Yerusalem, dan berkata tentang Yesus,”Ia kerasukan Beelzebul!” Ada juga yang berkata, “Dengan kuasa penghulu setan Ia mengusir setan.” Maka Yesus memanggil mereka, lalu berkata kepada mereka dalam perumpamaan, “Bagaimana iblis dapat mengusir iblis? Kalau suatu kerajaan terpecah-pecah, kerajaan itu tidak dapat bertahan, dan jika suatu rumah tangga terpecah-pecah, rumah tangga itu tidak dapat bertahan. Demikianlah juga kalau iblis berontak melawan dirinya sendiri, kalau ia terbagi-bagi, ia tidak dapat bertahan, malahan sudah tamatlah riwayatnya! Camkanlah, tidak seorang pun dapat memasuki rumah seorang yang kuat, untuk merampas harta bendanya, kecuali kalau ia mengikat lebih dahulu orang kuat itu. Lalu barulah ia merampok rumah itu. Aku berkata kepadamu : Sungguh, semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. Tetapi apabila seseorang menghujat Roh Kudus, ia tidak akan mendapat ampun untuk selama-lamanya, sebab dosa yang dilakukannya adalah dosa yang kekal.” Yesus berkata demikian karena mereka bilang bahwa Ia kerasukan roh jahat.

ROH KUDUS ITU SUNGGUH LUAR BIASA
Bagaimana iblis dapat mengusir iblis? Perkataan Yesus ini muncul ketika Dia dituduh ahli-ahli Taurat kerasukan Beelzebul. Beelzebul diterapkan pada dewa Baal. Beelzebul searti dengan “dewa lalat” dan merupakan nama ejekan dewa Baal-Zebul, yaitu sang penguasa, saingan utama Allah Israel. Di kemudian hari, dewa ini sangat dibenci orang Israel yang dilambangkan dengan iblis. Yesus pun langsung menggantikan dewa Beelzebul dengan Iblis. 
Mengapa Yesus berani menentang para ahli Taurat? Tentu karena di dalam diri Yesus ada kekuatan yang tidak terkalahkan, yaitu Roh Kudus. Orang yang kerasukan oleh roh iblis kini digantikan-Nya dengan kerasukan Roh Allah. Maka kekuatan Yesus terletak pada kepatuhan dan kesetian-Nya pada Roh yang tinggal dalam diri-Nya. Roh Kudus menghancurkan segala yang tidak baik, yang menghalangi kerajaan Allah. Dengan demikian, kita semakin disadarkan bahwa tidak ada yang menghalangi karya Allah dalam diri setiap orang kalau dia diterangi oleh Roh Kudus. Roh Kudus melampaui segala tantangan dan persoalan. Kekuatan iblis tidak akan melampaui kekuatan Roh Kudus. Jikalau kekuatan iblis 99% maka Roh Kudus memiliki kekuatan 100%. Tetap  Roh kudus lebih berkuasa.
Segenap pengikut Yesus diberi Roh Kudus dengan tugas patuh dan setia pada Roh itu. Sebagai penganut-Nya kita tak perlu takut akan kekuatan roh jahat yang ada di tengah kehidupan kita, karena Roh Kudus selalu menuntun kita. Percayalah bahwa Roh Kudus itu sungguh luar biasa (FP)

Pelita Hati: “Kerajaan Allah Sebagai pengikut Kristus kita tak perlu takut akan kekuatan roh jahat yang ada di tengah kehidupan kita, karena Roh kudus selalu menuntun kita”.

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar