Rabu, 04 Januari 2012

KRISTEN SEJATI (Yoh 1:43-51)


RENUNGAN HARIAN: KAMIS, 5 JANUARI 2012
Yoh 1:43-51
Pada keesokan harinya Yesus memutuskan untuk berangkat ke Galilea. Ia bertemu dengan Filipus, dan berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" Filipus itu berasal dari Betsaida, kota Andreas dan Petrus. Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret." Kata Natanael kepadanya: "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?" Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

KRISTEN SEJATI
Bila seseorang rindu, dia tentu akan selalu menantikan kerinduan hatinya itu. Bila ia menemukan informasi tentang orang yang dirindukannya, maka ia akan cepat mencari tahu dan datang untuk menemukannya. Natanael adalah orang yang demikian. Ketulusan hatinya membuat kerinduan dirinya semakin besar untuk bertemu dengan Sang Penyelamat (Mesias). Natanael pun segera pergi untuk menemukan Tuhan.
Kesaksian Yesus atas Natanael adalah gembaran siapakah Natanael. Natanael disebut Yesus sebagai Israel sejati. Bagi orang sejati demikian, Yesus menjanjikan hal-hal yang besar dalam hidupnya. “Engkau akan melihat langit terbuka...
Seiring dengan Injil hari ini, kita pun bertanya pada diri kita. Apakah kita telah pantas disebut sebagai orang Kristen sejati? Sebagai orang Kristen sejati seyogyanya tidak ada kepalsuan dalam diri kita. Kesejatian itu akan semakin tampak bila kita peduli kepada mereka yang menderita dan butuh bantuan kita. Mereka itu adalah sarana Tuhan untuk bertemu dengan kita. Dengannya, kita akan melihat hal-hal besar dalam pengalaman hidup kita. Semoga kesejatian hidup kita bukan hanya dalam kehadiran beribadat; akan tetapi lebih dari itu, yakni pada tindakan nyata keberpihakan kita kepada orang kecil (option for the poor) DG.

Kristen sejati merupakan orang yang sungguh merindukan Tuhan, Sang Penyelamat

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar