Kamis, 05 Januari 2012

KERENDAHAN HATI (Markus 1:7-11)


RENUNGAN HARIAN: JUMAT, 6 JANUARI 2012
Markus 1:7-11
Inilah yang diberitakannya: "Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus." Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes. Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."

KERENDAHAN HATI
Kerendahan hati adalah tindakan yang sangat dibutuhkan dalam hidup bersama. Ketika kita menolong dan melayani sesama kita dengan rendah hati maka ia pun akan meniru dan meneladani kita. Lantas ia akan melakukan hal serupa pada sesama seperti yang diterimanya dari kita sendiri.
Adakah orang seperti itu kita jumpai saat ini? Rasanya hampir mustahil kita temukan ada orang yang menolong dan melayani sesama dengan rendah hati pada zaman ini. Namun, Injil pada hari ini mengetengahkan hal yang luar biasa bahwa kerendahan hati harus kita lakukan, sebagaimana dilakukan Yesus dengan dibaptis oleh Yohanes.
Dalam kerendahan hati, Yohanes menyatakan siapakah sesunggunya Yesus itu; “”membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak”. Ini menunjukkan bahwa kuasa Yesus sungguh Mahaagung. Meskipun Yesus lebih besar daripada Yohanes, namun Yesus bersedia untuk dibaptis. Ini merupakan tanda kerendahan hati-Nya. Dengan ini, dimulailah karya Sang Putra. Dan Ia mendapat dukungan dari Bapa dengan berkata, “Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepada-Mulah aku berkenan”. Marilah kita juga merendahkan hati kita, terlebih dalam mewartakan karya cintakasih Allah. Dengan demikian, kita akan menjadi putra-pitri Bapa (DG)

“Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepada-Mulah aku berkenan”.

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar