Sabtu, 28 Januari 2012

DIRIKU UNTUK SEMUA ORANG (Mrk 5:1-20)

RENUNGAN HARIAN: Senin, 30 Januari 2012

Mrk 5:1-20

Sekali peristiwa, sampailah Yesus dan murid-murid-Nya di seberang danau Galilea, di daerah orang Gerasa. Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah kepada-Nya seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan. Orang itu diam di sana dan tidak ada lagi yang sanggup mengikatnya, dengan rantai sekalipun! Sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantai itu diputuskannya dan belenggu itu dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorang pun yang cukup kuat untuk menjinakkannya. Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli diri dengan batu. Ketika melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya. Ia lalu menyembah-Nya, dan dengan keras ia berteriak, "Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Maha Tinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!" Kemudian Yesus bertanya kepada orang itu, "Siapa namamu?" Jawabnya, "Namaku Legion, karena kami banyak." Ia memohon dengan sangat supaya Yesus jangan mengusir roh-roh itu keluar dari daerah itu. Adalah di sana, di lereng bukit, sekawanan babi...

 

DIRIKU UNTUK SEMUA ORANG

Tugas Yesus adalah membebaskan mereka yang berada dalam penderitaan tanpa terkecuali. Perhatian Yesus tak luput pada masyarakat Gerasa di Israel. Gerasa bagi orang  Israel merupakan salah satu tempat yang kafir. Di daerah itu penduduk masih tinggal di gua-gua, pemakaman, dan tempat-tempat yang asing seperti babi. Pemikiran orang Israel di sini  pun masih sangat primitif. Yesus tidak menerima pikiran seperti itu sehingga Ia memberantas pemikiran mereka. Yesus mau agar orang-orang yang yang kafir itu juga menerima kedatangan-Nya. 

Kehadiran Yesus di tempat itu membuat roh roh jahat merasa terganggu. Yesus yang penuh kuasa menyuruh roh jahat itu terdiam. Roh-roh jahat itu tidak mampu melawan kuasa Yesus, sehingga roh jahat itu sendiri meminta pertolongan dari-Nya agar orang yang dipenuhi roh jahat itu bebas. Yesus pun mengusirnya dan sungguh luar biasa roh jahat itu tunduk kepada-Nya sehingga mereka semua selamat.  Orang yang tadinya keranjingan roh jahat kini telah dibebaskan, dan mau mengikuti Yesus. Yesus mau agar mereka semua memberitakan kepada orang segala sesuatu yang terjadi.

Kita juga dalam hidup harian kita tidak luput dari roh-roh jahat ini. Roh-roh jahat ini sering menggoda kita untuk menentang pengajaran Yesus. Akibatnya kita memilih-milih orang yang cocok dan sesuai untuk kita. Hal ini bertentangan dengan pengajaran Yesus. Tiada orang  yang ditolak oleh Yesus. Kedatangan-Nya untuk semua orang yang mau membuka diri dan berharap pada-Nya. Diri-KU untuk semua orang (FP).

 

Pelita Hati: "Kedatangan Yesus untuk semua orang yang mau membuka diri dan berharap pada-Nya."

 

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar