Kamis, 19 Januari 2012

Dipanggil untuk Melanjutkan Karya Yesus (Mrk 3:13-19)


RENUNGAN HARIAN: Jumat, 20 Januari 2012
Mrk 3:13-19
Pada suatu hari Yesus naik ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan mereka pun datang kepada-Nya. Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia, untuk diutus-Nya memberitakan Injil, dan untuk menerima dari Dia kuasa mengusir setan. Kedua belas orang yang ditetapkan-Nya itu ialah : Simon, yang diberi-Nya nama Petrus, Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, yang keduanya Ia beri nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh ; selanjutnya Andreas, Filipus, Bartolomeus, Matius, Thomas, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot, dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia

Dipanggil Untuk Melanjutkan Karya Yesus
Yesus semakin merasakan bahwa tugas-Nya semakin berat. Tugas itu makin berat karena semakin banyak orang yang membutuhkan uluran tangan kasih-Nya. Maka untuk membantu-Nya melaksanakan tugas itu Ia memanggil ataupun memilih para murid-Nya. Sebelum memilih para rasul ini, Yesus naik ke gunung terlebih dahulu untuk berdoa. Yesus perlu berbicara dengan Bapa-Nya dalam melakukan tugas perutusan-Nya. Maka dengan keyakinan penuh, setelah berbicara dengan Bapa-Nya, Yesus menetapkan kedua belas rasul untuk menyertai-Nya dalam memberitakan Injil. Yesus pun membekali mereka kuasa untuk mengusir setan.
Pada zaman ini, Yesus pun sangat membutuhkan kesediaan kita untuk mengikuti-Nya. Kita bisa menyaksikan di Negara kita ini bahwa semakin banyak orang yang membutuhkan pertolongan. Banyak orang yang dibelenggu oleh sistem yang ada; banyak orang terpaksa harus berbuat dosa;  banyak orang yang ikut-ikutan melakukan hal yang tidak benar; banyak orang hidup dengan seenaknya tanpa peduli akan yang lain. Semuanya ini nyata terjadi di sekitar kita pun dalam Gereja kita.
Semakin hari, kita semakin kehilangan tokoh Gereja yang andal. Kelanjutan karya Yesus tampaknya semakin mengkhawatirkan. Apakah kita hanya berdiam diri? Hal-hal apa yang harus kita lakukan dalam melanjutkan visi dan misi Yesus? Yesus membutuhkan rasul-rasul yang andal pada masa kini; butuh hal serius untuk mempersiapkan itu. Semoga hal ini menjadi perhatikan kita semua (DG)

Pelita Hati: “Yesus sangat membutuhkan kesediaan kita untuk mengikuti-Nya”.

Diambil dari Nyalakanlah Pelita Hatimu, Renungan Harian 2012, Penerbit Bina Media Perintis, Medan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar